Mendikbud Resmi Umumkan Kuota Gratis 2021 untuk PJJ Periode Maret Sampai Mei 2021

0
26

AEOMedia.com, Jakarta – Kabar baik untuk tenaga pendidik dan peserta didik, karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mengumumkan perpanjangan kuota gratis internet. Ada perubahan skema yang terbaru agar lebih baik dari sebelumnya.

Mendikbud Nadiem Makarim akan mengumumkan secara resmi kebijakan kuota gratis internet 2021 pada siang ini, pukul 13.00 WIB.

“Pengumuman kebijakan kuota gratis 2021 Kemendikbud akan disiarkan langsung di Youtube Kemendikbud,” ucap pengumuman resmi Kemendikbud, Senin (1/3/2021).

Mendikbud Nadiem pernah menyatakan, bahwa Kemendikbud akan kembali menyalurkan kuota gratis internet untuk PJJ di periode Maret hingga Mei 2021.

“Jadi seperti yang kita tahun bantuan kuota gratis, kabar gembiranya akan dilanjutkan di bulan Maret, April, dan Mei 2021,” ucap Nadiem.

Baca :  DPR Setujui Penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud - AEOmedia

Program belajar dari rumah yang ditayangkan di TVRI, bilang dia, juga tetap ditayangkan per programnya selama 40 menit. Sementara Sekjen Kemendikbud Ainun Naim telah mengakui kebijkan kuota gratis akan diubah dari porsi yang sebelumnya.

“Iya akan dilanjutkan, tapi kita masih merumuskan skema baru agar lebih baik. Namun ukuran (kuota) yang akan kita ubah,” ungkap Ainun.

Jikalau target penerima kuota, sambung Ainun, masih akan tetap sama seperti pemberian di periode September-Desember 2020.

Asal tahu saja, Kemendikbud telah menyalurkan bantuan kuota gratis internet kepada 35,725 juta peserta didik dan tenaga pendidik di periode 2020.

Bantuan kuota gratis internet ini diberikan untuk mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19.

Baca :  Kecepatan Internet Indonesia: Hanya Ada di Peringkat 121 Dunia!

Kuota itu diberikan ke siswa PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Kesetaraan, Mahasiswa Vokasi, Mahasiswa Akademik, Dosen Vokasi, Dosen Akademik, dan Guru.

Kuota gratis berjalan di 2020

Kemendikbud sudah menyalurkan kuota gratis kepada siswa, guru, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, dan lainnya di periode September sampai Desember 2020.

Bantuan kuota gratis ini terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi.

Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran, dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Peserta didik PAUD akan mendapatkan paket kuota gratis internet sebesar 20 gigabyte (GB) per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Baca :  Dorong Transformasi Digital, Airlangga Sebut Dibutuhkan 4 Hal Ini - AEOmedia

Lalu, paket kuota gratis untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.

Sedangkan paket kuota gratis internet untuk mahasiswa dan dosen ialah 50 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.

Diharapkan dengan bantuan kuota gratis akan meringankan setiap keluarga yang ekonominya tertekan dengan adanya pandemi Covid-19, yang telah berjalan setahunan lebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here