Awasi Anak Jangan Sampai Kecanduan Gadget, Ini Akibat Fatalnya

0
26

AEOMedia – Gadget pada saat sekarang ini ialah seperti ponsel pintar yang digunakan untuk berkomunikasi dan diikuti dengan kemajuan teknologi.

Pengguna gadget biasanya tidak mengenal batasan waktu dalam menggunakannya sehingga bisa menyebabkan gangguan pada tubuh.

Seperti halnya dalam penggunaan gadget yang berlebihan dan dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari.

Kualitas tidur yang baik tentu dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, dan sebaliknya jika seseorang tidak mempunyai kualitas tidur yang baik (buruk) maka dapat menyebabkan kondisi tubuh tidak fit saat bangun dari tidur dan sesaat akan memulai aktivitas.

Dikutip dari PMJ News, saat ini perangkat seperti ponsel pintar, tablet, dan televisi termasuk perangkat gadget yang mempunyai sinar panjang gelombang yang lebih pendek dan membuat seseorang merasa kesulitan untuk mendapatkan jam tidur yang normal.

Baca :  Ingin Anak Anda Tidak Kecanduan Gadget? Ini Caranya!

Karena menjalani jam tidur yang tidak normal, seseorang bisa mengalami kecelakaan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti berkendara.

Menurut seorang Kepala Divisi Pengobatan Tidur di Harvard Medical School, Charles A Czeisler, Ph.D, MD, salah satu hal yang dapat mengganggu kualitas tidur manusia adalah gadget.

Charles menambahkan bahwa ada sekitar 60.000 orang yang mengalami kecelakaan di jalan raya akibat pengemudi yang kurang tidur dan bisa saja berlebihan saat menggunakan gadget.

Meletakkan posisi ponsel pintar terlalu dekat dengan tubuh dapat menyebabkan pelepasan neuron pemacu tidur dan melepaskan melatonin dari tubuh.

Hal itu sering terjadi pada pengendara yang menggunakan gadget terlalu berlebihan dan juga meletakkan posisi ponsel terlalu dekat dengannya tanpa ada jarak yang cukup.

Baca :  Peluncuran iPhone Murah Bakal Di Gagalkan Virus Corona

Melatonin dan neuron mempunyai perannya masing-masing untuk membuat seseorang mudah mengantuk saat berlebihan menggunakan gadget.

Melatonin adalah salah satu jenis dari zat kimia yang ada di dalam tubuh manusia dan dapat menyebabkan seseorang cepat merasa ngantuk.

Sedangkan neuron mempunyai peran yang lebih mengganggu yaitu mengaktifkan gairah agar seseorang menjadi tetap terjaga.

Selain gadget yang dapat mengganggu kualitas tidur dan mengakibatkan hal fatal seperti kecelakaan, peneliti dan pakar kesehatan juga memaparkan hal lain yang bisa membuat kualitas tidur seseorang menjadi menurun.

Makan malam terlalu larut dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi terganggu karena saat makan terlalu malam menyebabkan insulin dalam tubuh bekerja dan mengakibatkan seseorang menjadi merasa terjaga.

Baca :  Spesifikasi Motorola One Fusion Bocor ke Publik Sebelum Rilis

Hal tersebut juga dibenarkan oleh ahli diet Kate Watts.

“Saat kita makan terlalu malam, otot yang mencerna dan memetabolisme makanan kita harus tetap bekerja saat mereka harus istirahat,” ujarnya seperti dikutip dari PMJ News.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here