Coba Lihat 13 Rekomendasi Mainan Anak Usia 1 Tahun

  • Whatsapp
rekomendasi mainan anak 1 tahun

AEOmedia.com: Coba Lihat 13 Rekomendasi Mainan Anak Usia 1 Tahun, Saat beranjak 1 tahun, rasa ingin tahu Si Kecil akan lebih terlihat dibanding sebelumnya. Pada periode ini, Bunda perlu mendorong tumbuh kembang Si Kecil melalui gerakan, suara, dan berbagai hal lain di sekitarnya.

Salah satu medium yang efektif untuk membantu tumbuh kembangnya adalah melalui mainan anak 1 tahun.

Carilah informasi perihal rekomendasi mainan anak 1 tahun yang sesuai dengan tahapan perkembangannya saat ini.

Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun

Menurut studi dari The American Academy Pediatrics (AAP), mainan anak 1 tahun yang tepat akan membantu tumbuh kembang dan meningkatkan kemampuan dalam belajar hal-hal baru.

Beberapa rekomendasi mainan anak 1 tahun yang hendak Bunda beli sebaiknya dapat mendorong kemampuan gerak/fisik, mental, dan perkembangan emosi. Berikut rekomendasi mainan anak 1 tahun yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil.

1. Hape Pound and Tap Bench

Foto: babylist.com

Rekomendasi mainan anak 1 tahun yang pertama adalah mainan musik. Anak dapat memainkannya dengan memukul bola atau gambang dengan menggunakan palu.

Dilansir dari Playgroup NSW, musik dapat membantu perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan berbicara, dan mengatur emosi pada anak. Tertarik membelinya, Bunda?

2. Mainan Bayi Ring Donat Kecil Beroda

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun 2.jpg

Foto: orami.co.id

Rekomendasi mainan anak 1 tahun yang satu ini sangat tepat untuk melatih gerak motorik Si Kecil yang sedang aktif dan penasaran menyentuh banyak benda.

Melalui mainan anak 1 tahun ini, Si Kecil akan berpikir untuk menggabungkan kepingan donat warna-warni menjadi menara susun yang menarik.

Selain itu, mainan ini juga merangsang daya imajinasi dan kreativitas, mengenalkan warna, dan melatih koordinasi tangan dan mata. Bunda dapat membelinya di Orami.

3. VTech Magic Star Learning Table

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun 3.jpeg

Foto: walmart.com

Mainan anak 1 tahun ini ditujukan untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun. Melalui mainan anak 1 tahun yang berbentuk meja ini, Si Kecil dapat menghabiskan waktu tanpa perlu mengeluarkan banyak mainan sekaligus.

Mainan anak 1 tahun yang satu ini, memberi kesempatan pada anak untuk melatih gerak motorik kasar dan halusnya secara bersamaan.

4. Hide N Side Crawl Tunnel

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun 4.jpg

Foto: amazon.com

Mainan ini berbentuk terowongan yang bisa digunakan Si Kecil untuk merangkak. Bagi anak usia 1 tahun, konsep bermain terowongan akan sangat menyenangkan, yakni yakni masuk dalam gelap kemudian keluar kembali.

Mainan anak 1 tahun ini dirancang khusus untuk merangsang kecerdasan visual spasial yang baik bagi Si Kecil. Mainan ini juga dibuat agar orang tua bisa berperan serta untuk menemani Si Kecil bermain.

5. Fat Brain Toys Dimpl Duo

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun 5.jpg

Foto: amazon.com

Mainan anak 1 tahun ini sangat cocok bila Bunda ingin melatih motorik halus dan koordinasi gerak anak. Tak hanya itu, melalui aktivitas memasukkan berbagai macam bentuk benda seperti bundar, kotak, segitiga, oval, persegi panjang, dan diamond, anak pun dapat dilatih untuk mengenal bentuk dan warna sekaligus.

Mainan Anak Edukatif Islami

Bagi keluarga Islami, pendidikan mengenai agama Islam sangat penting dilakukan sejak dini. Supaya belajar agama menjadi lebih menyenangkan dan menarik perhatian anak, Bunda dapat menggunakan mainan islami.

Anak dapat mengenal huruf hijaiyah, mendengarkan bacaan Al-Qur’an, sampai mempelajari hal-hal lain dalam menjalankan aktivitasnya. Apa saja mainan anak 1 tahun islami yang bisa Bunda beli? Yuk kita lihat.

6. Buku Bantal Makan Minum yang Islami

mainan edukasi

Foto: tokopedia.com

Bunda pasti tahu bahwa Mulai usia 6 bulan, anak sudah diperbolehkan memperoleh asupan makanan di luar ASI.

Bunda tentunya ingin anak mandiri makan tanpa disuapi, bukan? Namun, untuk Bunda yang muslim perhatikan tata cara makan yang benar menurut Islam, ya!

Nah, tata cara ini ada dalam Buku Bantal Makan Minum yang Islami. Mainan ini berisi adab-adab makan dan minum yang islami, seperti tata cara menggunakan tangan yang tepat dan duduk yang benar.

Produk ini juga dilengkapi dengan gambar animasi yang diberi warna cerah sehingga akan menarik untuk Si Kecil. Bagi Bunda yang ingin membelikan mainan awet untuk anak, pilihlah produk ini.

Buku bantal terbuat dari material kain yang lembut untuk menghindari rusak atau sobek saat dimainkan oleh anak.

7. Puzzle Wudu dan Salat

mainan edukasi islami anak

Foto: tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, mainan anak 1 tahun islami ini berbentuk puzzle, lebih tepatnya, puzzle kayu yang berisi urutan dalam mengerjakan wudu dan salat bagi anak. Produk ini tersedia dalam dua varian, yakni untuk laki-laki dan perempuan. Mainan anak ini akan sangat pas untuk Bunda berikan pada anak jika Bunda sedang mengajarkan tata cara beribadah wajib kepada anak.

Anak dituntut untuk berpikir dalam menyelaraskan pola pada setiap potongan gambar. Anak pun akan menghafal gerakan wudu dan salat sambil berusaha menyelesaikan puzzle.

Setelah itu, anak dapat mempraktikkan keduanya sesuai dengan gambar yang telah ia susun. Dengan puzzle ini, anak akan lebih mudah untuk paham.

8. Buku Mewarnai 40 Nasihat Islami untuk Anak

mainan edukasi untuk anak

Foto: bukalapak.com

Di usia anak yang masih kecil, menggambar dan mewarnai menjadi salah satu aktivitas yang pasti sangat disukai. Nah, pas banget nih, Bunda bisa memberikan Buku Mewarnai 40 Nasihat Islami untuk Anak kepada Si Kecil.

Terlebih lagi jika Bunda sedang mengajarkan tentang nilai-nilai islami dalam kehidupan sehari-hari, karena buku ini memuat hal yang Bunda inginkan.

Pasti Bunda akan sangat terbantu, karena untuk memberikan pemahaman kepada anak, kita harus melakukannya dengan sabar.

Nah, dengan buku ini, Bunda tidak perlu bersusah payah menjelaskan dengan kata-kata, karena ada ilustrasi gambar yang bisa mendukung Bunda untuk menyampaikan nasihat pada anak.

Produk ini juga dilengkapi stiker berwarna untuk dijadikan panduan bagi anak lho.

9. Kid Land

mainan edukasi islami

Foto: bukalapak.com

Bunda ingin bermain monopoli versi islami? Beli saja Kid Land! Permainan board game memang sangat seru dimainkan bersama teman-teman. Produk ini dapat dimainkan oleh lima orang.

Permainan ini bercerita mengelilingi negara-negara Islam, lalu uang dinar dan dirham harus digunakan untuk infaq.

Nah, sama seperti monopoli pada umumnya, jika berhenti di tempat-tempat tertentu, terdapat instruksi yang harus dilakukan. Bedanya dalam mainan ini, kita akan diminta untuk menyampaikan hafalan hadis dan surat dalam Al-Qur’an.

Terdapat pula kegiatan manasik haji sebagai pelengkap dalam berkeliling negara Islam. Ingin mengganti permainan monopoli dengan yang islami? Produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk mainan anak 1 tahun islami.

10. Pengetahuan Islam

mainan islami untuk anak

Foto: lazada.co.id

Dalam keluarga islami, mungkin menghafal nama-nama Allah merupakan satu hal yang cukup penting. Allah memiliki 99 nama-nama baik yang wajib diketahui dan dihafalkan. Nah melalui mainan kartu Pengetahuan Islam ini, Bunda bisa mengajarkannya dengan mudah pada anak.

Terlebih lagi, akan lebih baik jika hal tersebut diajarkan sejak dini pada anak. Untuk mengajarkan asmaul husna pada anak, pilihlah mainan flash card ini.

Kartu-kartu ini didesain dengan warna cerah dan dilengkapi dengan dua bahasa, yaitu bahasa Arab dan Indonesia. Bunda bisa menggunakan metode bermain tebak-tebakan bersama anak saat bermain kartu.

Agar permainan lebih seru, kita pun harus ikut bergantian menebak supaya anak tidak cepat bosan. Seru banget kan, Bunda?

11. Mainan Anak 1 Tahun Pohon Hijaiyah

mainan edukasi anak islami

Foto: shopee.co.id

Fun learning dengan bantuan alat memang selalu mengasikkan. Meskipun anak belum mendapatkan pendidikan formal di sekolah, sebagai orang tua Bunda tetap perlu memberikan pendidikan dasar. Salah satunya ialah mengenal huruf, baik alfabet serta huruf hijaiyah. Supaya suasana belajar lebih menyenangkan, Bunda dapat menerapkan metode fun learning.

Untuk anak yang senang belajar dengan metode fun learning ini, kita wajib memilih mainan pohon huruf hijaiyah ini.

Produk ini didesain dengan penuh warna-warni yang pasti akan menarik perhatian anak-anak. Setiap huruf harus digantung di pohon layaknya buah. Kegiatan belajar pun akan semakin menyenangkan!

Mainan Edukasi Anak 1 Tahun

Nah, jika Bunda mencari mainan edukasi anak 1 tahun lainnya untuk Si Kecil yang menarik, coba cek beberapa rekomendasi di bawah ini ya.

12. Imundex Hand Rattle Stick

mainana anak 1 tahun

Foto: tokopedia.com

Nah, mainan edukasi berbentuk rattle ini juga bisa Bunda berikan pada Si Kecil. Mainan rattle adalah jenis mainan anak kecil yang bisa berbunyi dan memiliki banyak warna.

Rattle sebenarnya adalah mainan gigitan untuk merangsang tumbuhnya gigi yang memiliki beberapa jenis seperti rattle stick, gelang tangan rattle, gelang kaki rattle, gantungan rattle, dan lainnya.

Namun, walaupun termasuk ke dalam jenis permainan gigitan, mainan anak 1 tahun ini juga memiliki fungsi lain yaitu melatih fokus, indra penglihatan, dan kemampuan motorik. Sehingga cocok untuk mainan anak 1 tahun.

Salah satu mainan rattle yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil adalah dari Imundex. Mainan ini khusus untuk bayi berbentuk stick yang bisa berfungsi juga sebagai teether (gigitan bayi) dengan warna dan desain yang sangat menarik untuk membantu menstimulasi dan melatih motorik skill anak.

Warnanya sangat cerah dan menarik. Untuk versi stick rattle, apabila ditekan akan mengeluarkan bunyi yang bisa menarik perhatian anak. Mainan ini sudah didukung dengan BPA free dan lulus SNI.

13. Winfun Bouncy Mr. Toaster

mainan edukasi anak

Foto: blibli.com

Sesuai namanya, ini merupakan mainan edukasi berbentuk masakan atau membuat roti panggang.

Cara memainkannya, anak bisa menekan roti ke bawah dan tekan tombol untuk membuatnya roti panggang kita akan muncul. Roti panggang berwarna seperti aslinya.

Mainan ini mempunyai 3 rasa favorit, yaitu selai, madu, dan selai kacang.

Untuk tombolnya, dilengkapi dengan waktu dan lampu LED. Ada juga suara menarik dan melodi yang ceria yang akan menarik perhatian Si Kecil.

Itulah rekomendasi mainan anak 1 tahun dan mainan islami yang bisa jadi pertimbangan untuk Bunda. Agar tidak salah membeli mainan, pastikan cari tahu dulu minat atau ketertarikan Si Kecil seperti apa.

Kesimpulan

Dari sedikit penjelasan di atas semoga memberikan tambahan perihal seputar dunia sehat itu nikmat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Coba Lihat 13 Rekomendasi Mainan Anak Usia 1 Tahun  Ini menjadikan anda makin tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts