Komnas Haji: Batalnya Haji 2021 jadi bukti gagahnya bangsa Indonesia di mata dunia, karena… – AEOmedia

  • Whatsapp
Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj. Foto: Muslimoderat

AEOmedia.com | Berita Terkini : Komnas Haji: Batalnya Haji 2021 jadi bukti gagahnya bangsa Indonesia di mata dunia, karena…, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Komnas Haji: Batalnya Haji 2021 jadi bukti gagahnya bangsa Indonesia di mata dunia, karena…, Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Ibadah haji di tahun 2021 resmi dibatalkan pemerintah Republik Indonesia usai menimbang berbagai masukan, khususnya pandemi Covid-19. Di balik kekecewaan publik terhadap keputusan batalnya haji tersebut, Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj justru menilai bahwa hal ini jadi bukti berdaulatnya bangsa Indonesia di mata dunia.

Mustolih menjelaskan, publik seharusnya memahami kebijakan ini tidak semena-mena keputusan pemerintah Republik Indonesia saja, lantaran ada campur tangan pihak Arab Saudi selaku negara tujuan dan tuan rumah ibadah haji.

“Harus dipahami, kebijakan memberangkatkan misi haji tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, akan tetapi pemerintah RI justru tergantung pada kebijakan negara lain dalam hal ini Arab Saudi sebagai negara tujuan dan tuan rumah,” kata Mustolih dalam keterangan tertulis kepada AEOmedia, dikutip pada Jumat, 4 Juni 2021.

Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj. Foto: Muslimoderat | Komnas Haji: Batalnya Haji 2021 jadi bukti gagahnya bangsa Indonesia di mata dunia, karena…

Oleh sebab itu, Mustolih menilai pemerintah sudah mengambil langkah yang tepat, mengingat pihak Arab Saudi sendiri belum memberikan akses persiapan haji hingga kejelasan soal kuota peserta jamaah di tahun 2021 ini.

“Maka manakala pemerintah Saudi tidak kunjung memberikan kejelasan tentang kuota dan akses persiapan haji serta berbagai keperluan mendasar lainnya, sudah tepat bila pemerintah disini mengambil langkah karena publik butuh kepastian,” ujarnya.

Jadi bukti berdaulatnya bangsa Indonesia di mata dunia

Di tengah sejumlah pihak menyampaikan kritikan pedas kepada pemerintah terkait lemahnya diplomasi, Mustolih justru menganggap hal tersebut jadi bukti berdaulatnya bangsa Indonesia di kancah dunia internasional.

Kedaulatan mutlak tersebut juga dianggap sebagai bentuk independensi alias kemandirian Indonesia sebagai bangsa dengan penduduk muslim terbesar di Indonesia. Di sisi lain juga menegaskan, bahwa bangsa kita tidak bergantung terhadap negara lain, termasuk Arab Saudi sekalipun.

Suasana Masjidil Haram di Kota Makkah, Arab Saudi di tengah pandemi COVID-19. Foto: Antara

“Keputusan ini juga menjadi sinyal kuat pemerintah RI sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia di kancah dunia internasional sebagi negara yang berdaulat penuh, sehingga memiliki independensi, bisa berpijak dan mengambil keputusan atas kehendaknya sendiri demi kepentingan dan keselamatan rakyatnya tanpa harus bergantung terhadap negara lain,” tutur Mustolih.

Pria yang merupakan advokat sekaligus pengajar di UIN ini pun mewajarkan, apabila ada sejumlah pihak yang tidak sejalan dengan keputusan pemerintah soal ibadah haji 2021.

“Penyelenggaraan haji yang melibatkan lintas kementerian, lembaga dan sektor di dalamnya tentu saja ada banyak kepentingan, termasuk kepentingan ekonomi. Maka wajar bila nanti ada pihak-pihak yang tidak sepemikiran dengan kebijakan pemerintah ini,” imbuhnya.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts