BMKG Perkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Bisa Terjadi di Lesser Sunda – AEOmedia

0
16
BMKG Perkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Bisa Terjadi di Lesser Sunda

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul BMKG Perkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Bisa Terjadi di Lesser Sunda.

–Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, munculnya Siklon Tropis Seroja yang mengakibatkan bencana banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi bukti bahwa perubahan iklim global itu nyata adanya.

”Perubahan iklim global itu memang nyata, ditandai makin meningkatnya suhu baik di udara maupun di muka air laut,” ujar Dwikorita seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, fenomena itu jarang terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia. Namun, sejak sepuluh tahun terakhir, kejadian siklon tropis semakin sering terjadi. Bahkan pada 2017, dalam satu pekan bisa terjadi dua kali siklon tropis.

”Hal ini menunjukkan memang dampak perubahan iklim global harus benar-benar segera kita antisipasi,” terang Dwikorita Karnawati.

Baca :  Cuaca hari ini di Jawa dan Bali: Denpasar hujan ringan, Surabaya cerah berawan - AEOmedia

Sementara itu, BMKG memperkirakan hujan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi di wilayah Lesser Sunda yang meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Selain wilayah Lesser Sunda, berdasar pembaruan prakiraan cuaca BMKG pada Selasa (6/4) pukul 01.00 WIB, dampak Siklon Tropis Seroja berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang juga akan terjadi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

BMKG memperkirakan intensitas Siklon Tropis Seroja di Samudera Hindia menguat dalam 24 jam ke depan, namun akan bergerak menjauh ke arah barat daya Pulau Timor. Pergerakan siklon tropis tersebut mencapai 17 kilometer per jam menjauhi wilayah Indonesia.

Gelombang tinggi hingga enam meter diperkirakan dapat terjadi di Samudera Hindia bagian selatan Nusa Tenggara Timur (NTT), empat hingga enam meter dapat terjadi di perairan selatan Pulau Sumba, Pulau Sawu, Laut Sawu, Perairan Kupang, dan Pulau Rote.

Baca :  Cuaca hari ini di Jawa dan Bali: Surabaya dan Yogyakarta hujan ringan - AEOmedia

Gelombang tinggi dua hingga empat meter juga diperkirakan dapat terjadi di Selat Sumba bagian barat dan perairan selatan Flores. Gelombang di Selat Sumba bagian timur, Selat Sape, Laut Sumbawa, Laut Flores, perairan utara Sumbawa hingga Flores, Selat Wetar, perairan Kepulauan Sabalana hingga Selayar, selatan Bau-bau hingga Kepulauan Wakatobi, Laut Banda selatan bagian barat, dan Laut Arafuru bagian barat diperkirakan akan mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Sejauh ini terpantau satu siklon tropis dan tiga udara bertekanan rendah yang berada di sekitar wilayah Indonesia. BMKG terus memantau ketiga udara bertekanan rendah tersebut, apakah dapat menjadi siklon tropis atau tidak.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan perlu terus memperbarui informasi cuaca. Mereka melakukan kerja sama penta helix untuk memperbarui informasi cuaca dan memberi peringatan dini pada masyarakat apakah cuaca memburuk ataupun membaik.

Baca :  Cuaca besok di Jawa dan Bali: Bandung berawan, Denpasar cerah berawan - AEOmedia

Berdasar pantauan adanya udara bertekanan rendah di sekitar wilayah Indonesia, BMKG menyebutkan dalam seminggu ke depan perlu pula diperhatikan kondisi perubahan cuaca di Jawa, Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Maluku Tenggara.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas BMKG Perkirakan Hujan Sedang Hingga Lebat Bisa Terjadi di Lesser Sunda Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here