Mengenal Lebih Dekat Briptu Sefin, Polwan Cantik Pemburu Begal

0
79

AEOmedia.com – Polwan cantik Briptu Sefin Anggi Riyantika. Namanya menjadi viral karena banyak fans yang mengagumi kecantikan wajah dan profesinya sebagai polisi wanita – polwan.

Polwan yang hingga kini masih bertugas di Kepolisian Resort Grobokan, Jawa Tengah, itu memiliki banyak sekali pengikut di media sosial Instagram. Sementara, tercatat ada 67 ribu lebih yang menjadi follower-nya, dan ada kemungkinan angka ini akan terus bertambah seiring bertambahnya penggemarnya.

Hal yang membuat sosoknya makin dipuja adalah pengakuannya mengenai pekerjaan sang ayah yang seorang petani. Melihat wajah dan profesi Briptu Sefin mungkin sebelumnya banyak yang menyangka ia tinggal di perkotaan dan berasal dari keluarga kaya.

Kenali lebih dekat Briptu Sefin? Inilah dia potret, cerita keluarga, dan pekerjaannya sebagai polisi wanita. Yuk, simak di sini!

  • Kehidupan Pribadi Briptu Sefin

Namanya Sefin Anggi Riyantika. Ia anak pertama dari dua bersaudara yang lahir pada 15 September 1996. Adiknya laki-laki bernama Arjuna Sakti Elang Riyandika yang juga berprofesi sama dengan dirinya, seorang polisi.

Dalam sebuah Q & A di InstaStory-nya, ada yang bertanya apa sesungguhnya pekerjaan ayahnya. Jawaban Sefin lumayan membuat kaget warganet. Sempat mengira ayahnya memiliki pekerjaan kantoran atau seorang profesional, Sefin menjawab ayahnya hanyalah seorang petani biasa.

“Fulltime petani, nyambi jadi kades (kepala desa) hihi,” tulis Sefin di InstaStory-nya, Selasa, 2 Maret 2021.

Kegiatan hari-hari ayah Sefin adalah bertani jagung manis, padi, dan bawang merah. Sedangkan ibunya merupakan seorang bidan yang bekerja di puskesmas.

Baca :  Anji Bakal Diseret Ke Meja Hijau Terkait Wawancara dengan Hadi Pranoto

Saat ini Sefin sedang menjalin hubungan asmara dengan seorang laki-laki bernama Dwy Ari. Diketahui dari akun Instagram @dwy-ari, ia merupakan atlet voli di salah satu klub voli di Grobokan, Jawa Tengah.

  • Ingin menjadi Menjadi Polwan Sejak Kecil

Ternyata, menjadi polwan sudah menjadi cita-cita Sefin sejak lama. Setelah lulus SMA, ia langsung mendaftarkan diri ke Sekolah Polisi Negara Purwokerto, Jawa Tengah.

“Jadi polwan itu sudah merupakan cita-cita saya sejak saya kecil. Jadi setelah saya lulus dari SMA, saya langsung mendaftarkan diri menjadi seorang polisi wanita. Dan alhamdulilah, saat saya mencoba pertama kali mendaftar saya langsung diterima. Saya langsung pendidikan di Sekolah Polisi Negara Jawa Tengah di Purwokerto,”terang Sefin mengutip dari video di kanal YouTube Net.Biro Jawa Tengah berjudul Peringati Hari Polisi Wanita Beginilah Cerita Inspiratif dari Polwan Cantik di Grobokan.

Ia dilantik dan resmi menjadi anggota kepolisian negara Republik Idonesia tahun 2014. Tugas pertama sefin adalah bergabung dengan satuan intel (2015-2016), lalu bertugas di Satlantas (2016). Setelah menjalani masa jabatan sebagai Brigadir Polisi Dua, kini Sefin berpangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu) dan betugas di Satreskrim kepolisian Resort Grobogan, Jawa Tengah.

Selain cita-cita, menjadi polwan bagi Sefin adalah panggilan jiwanya untuk menjaga sesama manusia.

“Ini tugas kemanusiaan, panggilan hati saya untuk selalu mengabdi kepada masyarakat,” katanya lagi.

  • Kulit Putih, Cantik dan Pintar
Baca :  Mr.Hu Viral, Shopee Dipanggil oleh Menteri Teten Masduki

Sefin bercerita, selain mendaftarkan dirinya di sekolah kepolisian, ia pernah mengikuti ujian SNMPTN. Itu karena ia juga tertarik untuk belajar teknik sipil di UNDIP Semarang, Jawa Tengah. Tak disangka, lolos di sekolah polisi, Sefin juga diterima di UNDIP.

Akan tetapi, karena memang sudah terlanjur ingin menjadi polwan, kesempatan UNDIP ditinggalkannya. Ia memilih menjadi polwan, karena pikirnya saat itu, lulus sekolah bisa langsung kerja. Dan kalau kerja, ia tetap bisa memutuskan kuliah lagi dengan uangnya sendiri.

Selama menempuh pendidikan di kepolisian, Sefin juga menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Hukum di Universitas 17 Agustus, Semarang. Saat ini, ia tengah melanjutkan studi S2 di Universitas Sultan Agung Semarang, Jawa Tengah.

Kemampuan perempuan berusia 25 tahun itu tak sampai di situ. Sefin fasih berbahasa Inggris dan sering didaulat mendampingi Kapolda Jawa Tengah dalam acara-acara yang membutuhkan penerjemah.

  • Punya Banyak Follower ribuan di Media Sosial

Warganet mengatakan dirinya cantik bukan tanpa sebab. Pasalnya, Briptu Sefin memang memiliki paras menawan dengan senyum sangat manis. Lihat saja foto-foto dirinya di akun pribadi Instagramnya @sefinnnn.

Tak jarang ia juga kerap membagikan potretnya kala sedang berseragam polisi, lo. pengikut Sefin terbilang lumayan banyak. Terakhir, Jumat (5/3/2021), followerInstagram Sefin sudah ada lebih dari 67 ribu. Sefin memanfaatkan jumlah pengikut yang lumayan banyak itu dengan menerima endorsement dari beberapa brand.

  • Cerita Suka Duka Briptu Sefin jadi Polwan
Baca :  Berita Viral, Perempuan di Bojonegoro Jadi Korban Pamer Alat Kelamin

Salah satu alasan Sefin memilih polwan sebagai jalan hidupnya adalah karena ia senang membangun relasi dengan masyarakat. Suatu saat nanti ia ingin fokus menangani masalah yang berhubungan dengan perempuan dan anak.

“Dukanya, waktu berkumpul dengan keluarga, waktu berkumpul dengan kerabat, teman-teman, dan lain-lain sangat terbatas dikarenakan kita harus mendahulukan pekerjaan dinas di atas kepentingan lain,” kata Sefin.

Ia tak menampik kalau selama ini masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata kinerja polwan.

“Seperti saat kita melaksanakan pengamanan di jalan. Itu mereka melihatnya, ‘kan perempuan, emang kuat berdiri lama, emang kuat panas-panasan seperti itu.’ Namun dari kami pribadi, menjadi seorang polisi wanita, menjadi seorang perempuan yang harus bekerja bersama polisi laki-laki, tidak menjadi kendala,”cerita Sefin.

  • Pesan Mendalam dari Briptu Sefin untuk Wanita Indonesia

“Menurut saya perempuan itu harus punya 3B: Brain, Beauty, dan Behaviour. Jadi dia harus cerdas, cantik baik luar ataupun dalam, serta tingkah laku atau perilakunya harus baik,”kata Sefin berpesan.

Ia juga mengatakan, seorang perempuan harus kuat, mandiri, tidak menggantungkan diri pada orang lain.“Karena apa pun yang menjadi pilihan dalam hidup kita, kita yang akan menerima risikonya.”

“Saya Briptu Sefin Anggi Riantika, kita tidak tahu seberapa kuat diri kita sampai pilihan kuat menjadi satu-satunya yang kita punya,” ujar Sefin di akhir katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here