Manasik Haji pada Masa Pandemi akan Dibahas Pertengahan Ramadan – AEOmedia

0
15
Manasik Haji pada Masa Pandemi akan Dibahas Pertengahan Ramadan

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Manasik Haji pada Masa Pandemi akan Dibahas Pertengahan Ramadan.

– Pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Kementerian Agama (Kemenag) pun terus melakukan persiapan terkait manasik pada masa pandemi yang menjadi bagian dari mitigasi penyelenggaraan haji 2021.

“Apa dan bagaimana manasik haji di masa pandemi, akan kami bahas bersama dengan para ulama dan pakar fiqih dalam format bahtsul masa’il,” terang Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi dalam keterangannya, Rabu (7/4).

Rencananya, pembahasan ini akan dilakukan pada pertengahan bulan Ramadan. “Insya Allah, forum bahtsul masa’il ini akan kami gelar pada pertengahan Ramadan 1442 H,” sambungnya.

Baca :  Asal Tak Balas Dendam Saat Berbuka, Puasa Ampuh Stabilkan Gula Darah - AEOmedia

Menurut Khoirizi yang juga Direktur Bina Haji, pelaksanaan ibadah haji akan banyak mengalami penyesuaian seiring adanya kewajiban penerapan protokol kesehatan. Penyesuaian itu juga sudah dilakukan oleh Arab Saudi dalam pelaksanaan ibadah umrah.

“Ada berbagai hal yang sebelumnya dapat dilakukan pada musim normal, tidak dapat dilakukan atau disesuaikan pada masa pandemi. Masalah-masalah keagamaan yang terjadi sebagai dampak pandemi ini perlu dikaji,” tuturnya.

“Salah satu tujuan syariat agama adalah menjaga jiwa. Oleh sebab itu, perlu dicari satu formula agar pelaksanaan agama sejalan dengan tujuan menjaga jiwa,” tambahnya.

Kasubdit Bimbingan Jamaah Arsyad Hidayat menambahkan, bahtsul masa’il akan melakukan kajian tentang dampak kebijakan penanganan Covid-19 terhadap aspek-aspek ibadah dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Selain itu, forum ini akan melakukan kajian solusi hukum yang memberikan jaminan keabsahan pelaksanaan ibadah dan memberikan kemudahan dan ketenangan kepada jemaah haji.

Baca :  Pindah agama, 4 artis tetap toleransi ucapkan selamat puasa - AEOmedia

“Hasil bahtsul masa’il ini akan kami susun menjadi buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Masa Pandemi untuk didistribusikan kepada jamaah haji,” tandasnya.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pandangan anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Manasik Haji pada Masa Pandemi akan Dibahas Pertengahan Ramadan Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here