Airlangga Ungkap Realisasi Anggaran PEN Capai Rp 209,12 Triliun – AEOmedia

  • Whatsapp
Alumni Program Kartu Prakerja Bisa Dapat Fasilitas Modal Usaha

AEOmedia.com: Airlangga Ungkap Realisasi Anggaran PEN Capai Rp 209,12 Triliun, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Airlangga Ungkap Realisasi Anggaran PEN Capai Rp 209,12 Triliun, Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

– Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, realisasi penyaluran dana Penanganan Ekonomi Nasional (PEN) hingga saat ini mencapai Rp 209,129 triliun atau sekitar 29,9 persen dari keseluruhan dana yang sebesar Rp 699,43 triliun.

Read More

Baca :  Manfaat Sehat Sarapan Smoothies Berikan Vitamin dan Protein - AEOmedia

“Pelaksanaan PEN itu telah mencapai 29,9 persen dari pagu. Atau naik Rp 86,7 triliun dari kuartal pertama yang sebesar Rp 123,20 triliun,” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (7/6).

Airlangga memaparkan, sejauh ini realisasi terbesar yaitu di sektor insentif usaha yang sudah mencapai 79,9 persen dari seluruh pagu yang dianggarkan. Kemudian, realisasi PEN di sektor perlindungan sosial 39,2 persen.

Disusul, di sektor program prioritas sebesar 28 persen. Lalu untuk dukungan korporasi realisasinya sudah 21 persen. Kemudian paling kecil realisasinya untuk sektor kesehatan sebesar 18,8 persen.

Airlangga tersalurkannya dana PEN dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan antara 6,7 persen hingga 7,5 persen. Ketua Umum Partai Golkar itu optimistis pada kuartal II ini ekonomi Indonesia dapat tumbuh hingga 8 persen.

Baca :  Masalah Baru Singapura, Muncul Klaster Covid-19 di Terminal Pelabuhan - AEOmedia

“Pemerintah menyakini bahwa kuartal II tahun ini kita mampu pada 7 persen sampai 8 persen,” tuturnya.

Airlangga menjelaskan, rasa optimisme tersebut didasarkan beberapa indikator pergerakan ekonomi yang mulai tumbuh positif. Misalnya, purchasing management index yang tumbuh tinggi ke 55,3 poin.

Indeks manufaktur yang tumbuh tinggi ini sejalan dengan naiknya penjualan mobil dan motor. Mobil sendiri penjualannya naik 228 persen dan motor 227 persen year-on-year alias secara tahunan. Kemudian penjualan ritel juga sudah naik 9,8 persen year-on-year dan indeks keyakinan konsumen sudah di atas 100 persen.

Airlangga menambahkan, indikator lainnya yang menunjukkan angka positif adalah pertumbuhan belanja nasional. Per April ada kenaikan 60 persen lebih.

Baca :  Email Ahli Virus Bocor, Covid-19 Disebut Senjata Biologis Berbahaya - AEOmedia

“Kemudian kita lihat juga pertumbuhan belanja nasional per akhir April kemarin juga sudah terjadi kenaikan sebesar 60,43 persen,” pungkasnya.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts