Cara Tepat Mengobati Herpes Zoster, Ruam Berisi Air Mirip Cacar – AEOmedia

0
14
Cara Tepat Mengobati Herpes Zoster, Ruam Berisi Air Mirip Cacar

AEOmedia.com: Cara Tepat Mengobati Herpes Zoster, Ruam Berisi Air Mirip Cacar, Beragam portal kesehatan memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Cara Tepat Mengobati Herpes Zoster, Ruam Berisi Air Mirip Cacar.

– Herpes Zoster dikenal sebagai salah satu penyakit kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sangat berhubungan dengan daya tahan tubuh atau imunitas seseorang. Bila daya tahan tubuh kuat maka walaupun terpapar oleh virus, sel imun (Immunoglobulin) dapat memberikan pertahanan yang baik dan cukup untuk menghancurkan virus yang masuk. Sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca :  Mirip Cacar, Ruam Lenting Isi Air Bisa Jadi Gejala Herpes Zoster - AEOmedia

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin serta CEO Klinik Pramudia dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV mengatakan, apalagi di masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun ini, secara umum orang cenderung mengalami penurunan daya tubuh akibat stres psikis serta kelelahan yang berkepanjangan. Maka perlu waspada dengan penyakit ini.

Gejala awalnya penyakit ini mirip cacar air. Gejala awalnya bersifat tidak spesifik, sebelum muncul tanda nyata pada kulit (ruam merah dan melenting berisi air) biasanya hanya berupa rasa lelah, sakit kepala dan lemas (disebut gejala pro-dormal) yang berlangsung selama 1-5 hari.

Baca Juga: Mirip Cacar, Ruam Lenting Isi Air Bisa Jadi Gejala Herpes Zoster

Baca :  Mirip Cacar, Ruam Lenting Isi Air Bisa Jadi Gejala Herpes Zoster - AEOmedia

Bagaimana cara mengobatinya? Menurut dr. Anthony, pengobatan perlu dilakukan secara cepat dan tepat sesuai dengan dokter anjuran dokter.

Pada praktiknya, dr. Anthony menjelaskan terapi HZ dikenal dengan strategi 6A yakni Attract patient early (deteksi dini), Asses patient fully (menilai kondisi pasien secara lengkap), Antiviral therapy (obat anti virus), Analgetik (obat anti nyeri), Antidepressant/anticonvulsant (obat anti deperesi/kejang), dan Allay anxieties-counselling (informasi dan edukasi konseling). Selain 6A tersebut, diberikan terapi topikal (obat oles) dan terapi suportif, seperti istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan.

“Anjuran tidak menggaruk dan menggunakan pakaian yang longgar untuk kenyamanan,” katanya.

Selain itu, pasien juga perlu mendapatkan terapi khusus baik lewat obat-obatan maupun non-obat. Hal ini bertujuan mengobati nyeri pasien untuk memperbaiki kualitas hidup pasien secara fisik dan psikologis, sehingga pasien dapat segera dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca :  Mirip Cacar, Ruam Lenting Isi Air Bisa Jadi Gejala Herpes Zoster - AEOmedia

“Bisa pula ditambahkan rujukan ke dokter spesialis bidang lain, seperti dokter spesialis mata, THT dan syaraf, jika HZ sudah menyebar ke bagian tubuh tertentu dan akhirnya menyebabkan komplikasi,” tutup dr. Anthony.

Kesimpulan
Dari sedikit data di atas semoga memberikan tambahan pikiran seputar dunia cara sehat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Cara Tepat Mengobati Herpes Zoster, Ruam Berisi Air Mirip Cacar Ini menjadikan anda pasti tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here