Kebakaran, ternyata ini asal-usul unik Pasar Kambing Tanah Abang – AEOmedia

0
25
Pasar Kambing Tanah Abang terbakar. Foto: Suara

AEOmedia.com | Berita Terkini : Kebakaran, ternyata ini asal-usul unik Pasar Kambing Tanah Abang, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Kebakaran, ternyata ini asal-usul unik Pasar Kambing Tanah Abang, Kami merangkum Perihal ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Identik sebagai pusat tekstil terbesar di Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang ternyata menyimpan sejarah yang panjang. Siapa yang sangka jika surganya tempat berbelanja ini dulunya merupakan pasar kambing yang diprakarsai warga Betawi.

Dilansir Kompas, Tanah Abang dahulu dipenuhi orang-orang suku Betawi yang pandai menyembelih hingga menguliti kambing. Seperti ditulis Abdul Chaer dalam bukunya, Tenabang Tempo Doeloe, Pasar Tanah Abang merupakan pasar kambing sejak abad 18 hingga 1950. Lokasinya yang dekat dengan Kali Krukut memudahkan pedagang untuk membersihkan kotoran serta olahan kambing dengan air sungai.

“Penempatan pedagang kambing di sini memang tepat karena segala kotoran kambing mudah dibersihkan dengan memanfaatkan air sungai,” tulis Chaer.

Pendapat serupa juga pernah dikemukakan oleh jurnalis senior Alwi Shahab dalam bukunya, Batavia Kota Banjir. Alwi menyebut bahwa di tempat yang kini berdiri pertokoan itu dulunya merupakan daerah perkebunan dan tempat untuk menggembalakan kambing.

Kawasan itu juga pernah menjadi tempat pelarian etnis Tionghoa dalam peristiwa pembataian tahun 1740.

Meski kalah pamornya, namun Pasar Kambing Tanah Abang tetaplah eksis dan mampu bertahan hingga saat ini. Hari ini, 8 April 2021, area Tanah Abang dikabarkan mengalami kebakaran hebat.

Kebakaran di Pasar Kambing, Tanah Abang

Jose Mourinho
Kebakaran di Pasar Kambing Tanah Abang

Terjadi kebakaran di area Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat pada Kamis 8 April 2021 pada pukul 17.05. Berdasarkan pantauan, terlihat asap tebal mengepul dari arah pasar blok A Tanah Abang.

Dari pantauan AEOmedia, petugas kebakaran dan warga masih berupaya untuk memadamkan api. Terlihat beberapa warga emosi lantaran pengendara bermotor menghalangi akses pemadam kebakaran.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here