Apindo: Sepertiga Pengusaha Indonesia Bangkrut Karena Pandemi – AEOmedia

0
13
Apindo: Sepertiga Pengusaha Indonesia Bangkrut Karena Pandemi

AEOmedia.com: Apindo: Sepertiga Pengusaha Indonesia Bangkrut Karena Pandemi, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Apindo: Sepertiga Pengusaha Indonesia Bangkrut Karena Pandemi, Kami merangkum berita terbaru ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

– – Wabah virus Covid-19 membuat sektor usaha Tanah Air amburadul. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkapkan, sepertiga dari 600 pengusaha dipastikan tidak mampu mempertahankan bisnis perusahaannya akibat terpapar pandemi Covid-19.

Kalau memang kondisinya seperti tidak ada perubahan, sepertiga mereka akan tidak bisa bertahan lebih dari 1 tahun,” ujar Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani secara virtual, Kamis (8/4).

Hariyadi menjelaskan, kondisi tersebut diketahui berdasarkan riset kepada 600 pengusaha yang merupakan anggota Apindo pada awal Januari 2021. Hasil riset tersebut menunjukkan, sebanyak 44 persen pengusaha mengaku penjualannya turun lebih dari 50 persen selama pandemi Covid-19 tahun 2020.

Baca :  Covid-19 di DKI Turun, PSBB DKI Jakarta Selesai 21 Mei?

“Di tahun 2021 itu sudah mengecil. Tadinya 44 persen menjadi 24 persen,” jelasnya.

Hariyadi mengungkapkan, dari hasil riset tersebut, terlihat bahwa kebanyakan pengusaha yang bertahan melakukan berbagai strategi efisiensi, mulai dari biaya operasional, organisasi kepengurusan, hingga tenaga kerja.

“Lalu melakukan penyesuaian terhadap kuantitas dan kualitas, jadi mereka lebih banyak dibiaya,” pungkasnya.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here