Tak mau disebut berat sebelah, Dubes Arab Saudi satroni MUI – AEOmedia

  • Whatsapp
Dubes Arab Saudi

AEOmedia.com | Berita Terkini : Tak mau disebut berat sebelah, Dubes Arab Saudi satroni MUI, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Tak mau disebut berat sebelah, Dubes Arab Saudi satroni MUI, Kami merangkum berita terkini ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Polemik pembatalan Haji 2021 oleh Kementerian Agama, menjadi sorotan atas kebijakan yang dinilai berasal dari Kerjaan Arab Saudi, terlebih tersiar kabar 11 negara diperbolehkan melaksanakan haji tahun ini. Meluruskan hal tersebut, Dubes Arab Saudi langsung menyatroni MUI untuk mengklarifikasi kabar agar tidak terkesan berat sebelah.

Untuk pertama kalinya Dubes Kerajaan Arabia untuk Indinesia, Syekh Essan bin Abed Al-Thawafi menyambangi kantor MUI Pusat. Disambut disambut Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar, Waketum MUI Marsudi Syuhud, Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis, Ketua MUI Bidang Pendidikan dan KaderisasiAbdullah Jaidi, dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim.

Adapun Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Habib Ali Hasan Bahar memandu pertemuan tersebut.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al- Thaqafi bertemu pengurus MUI. (Foto dok Humas MUI).

Habib Ali sebelumnya sudah berulangkali bertemu dengan Dubes Saudi karena hubungan keduanya memang dekat. Terselenggaranya pertemuan ini juga melalui Habib Ali.

Dubes Essam menyebutkan, pembatalan haji itu sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik. Beberapa kalangan sebelumnya memang menilai pembatalan ini akibat masalah diplomasi.

Dalam pertemuan itu secara khusus Dubes Saudi Essam meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media pasca Kementerian Agama mengumumkan Pembatalan Keberangkatan Haji secara resmi.

Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020. Foto: Ist

“Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujar Dubes Essam melalui keterangan Infokom MUI, Selasa (8/6/2021).

Dubes Essam menambahkan, sampai saat ini, Kerajaan Arab Saudi belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia. Ini dikarenakan ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Jemaah haji di Kabah Masjidil Haram. Foto Instagram @makah.99

Selain membahas Haji, Dubes Essam juga membahas rencana kerjasama antara MUI dengan Arab Saudi. Kerja sama tersebut meliputi bidang ukhuwah, dakwah, dan sebagainya (ta’awun wa tabadulul ara’) yang berorientasi pada penguatan Islam Wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts