Makin panas! Saudi bikin pemerintah Jokowi disalahin, KNPI siap lakukan ini di Kedubes – AEOmedia

  • Whatsapp
Tawaf jemaah haji di Masjidil Haram

AEOmedia.com | Berita Terkini : Makin panas! Saudi bikin pemerintah Jokowi disalahin, KNPI siap lakukan ini di Kedubes, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Makin panas! Saudi bikin pemerintah Jokowi disalahin, KNPI siap lakukan ini di Kedubes, Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Polemik batalnya pemberangkatan jamaah haji Indonesia tahun 2021 masih terus bergulir. Terkni, Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Abdul Aziz menyayangkan sikap pihak Arab Saudi yang seakan cuci tangan dari masalah haji 2021 sehingga membuat pemerintah yang dikepalai oleh Presiden Jokowi disalahkan rakyatnya.

Aziz pun meminta kepada pemerintah Arab Saudi agar segera meluruskan pernyataan yang sempat dilontarkan Duta Besarnya.

“Menurut saya pihak Saudi jangan seolah cuci tangan lewat pernyataan dubesnya. Hal ini tentunya membuat pemerintah Indonesia seolah pihak yang tidak siap memberangkatkan jamaah haji tahun ini. Makanya menurut kami hal ini harus diluruskan,” kata Aziz dalam acara Halal bi halal DPP KNPI dan OKP Nasional di Jakarta, dikutip AEOmedia pada Kamis, 10 Juni 2021.

“Kasihan dong pemerintah kita, selalu disalahkan rakyat, padahal pihak Saudi yang tidak kasih kepastian,” sambungnya.

Pihaknya menjelaskan, sebenarnya pemerintah Indonesia sudah memberikan batas waktu soal kuota jamaah kepada pihak Arab Saudi, yakni tertanggal 28 Mei 2021. Namun yang mengherankan, hingga saat ini, belum ada jawaban dari pihak Arab Saudi soal kuota haji tersebut.

Aziz menilai perihal ibadah haji ini memang sesuatu yang sensitif, seharusnya pemerintah Arab Saudi segera memberikan kepastian sehingga tak menimbulkan polemik berkepanjangan.

“Kami sangat concern terhadap hal ini, karena sangat sensitif, soalnya urusan ibadah,” ujar Aziz.

Tawaf jemaah haji di Masjidil Haram. Foto Instagram @haramain_info | Saudi bikin pemerintah Jokowi disalahin, KNPI siap lakukan ini di Kedubes

Aziz mempertanyakan, bagaimana mungkin pemerintah mempersiapkan akomodasi jamaah haji kalau sampai saat ini tidak ada kepastian kuota dari Arab Saudi.

Oleh sebanya, wajar apabila pemerintah pada akhirnya memutuskan untuk tidak mengirim jamaah. Hal itu jadi langkah yang tepat untuk mengamankan jamaah haji Indonesia dari ketidaksiapan pihak tuan rumah.

“Sebagai wakil dari pemuda nasional, saya meminta pihak Arab Saudi untuk mengevaluasi dubesnya, jangan buat gaduh, kalau tidak kasih kuota ya bilang saja secara gamblang, jangan digantung begini, ini kan hanya membuat kegaduhan di tengah masyarakat,” tuturnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada pemerintah Arab Saudi agar lebih jelas dalam mengelola soal kuota jamaah haji. Selain itu, mereka juga menuntut kepada Dubes Arab Saudi untuk Indonesia mengklarifikasi dan meminta maaf secara terbuka kepada seluruh rakyat Indonesia atas kegaduhan yang sudah terjadi.

Nantinya apabila usulan ini tidak didengar, maka bukan tidak mungkin KNPI bakal turun langsung untuk menyampaikan unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Arab Saudi.

“Ya, kalau tuntutan kami tidak ditanggapi, kami akan segera gelar aksi di kedubes Arab Saudi, karena rakyat berhak tahu apa yang sebenarnya terjadi, supaya tidak menjadi polemik juga ditengah masyarakat,” imbuhnya.

Tak mau disebut berat sebelah, Dubes Arab Saudi sambangi MUI

Polemik pembatalan Haji 2021 oleh Kementerian Agama, menjadi sorotan atas kebijakan yang dinilai berasal dari Kerjaan Arab Saudi, terlebih tersiar kabar 11 negara diperbolehkan melaksanakan haji tahun ini. Meluruskan hal tersebut, Dubes Arab Saudi langsung menyatroni MUI untuk mengklarifikasi kabar agar tidak terkesan berat sebelah.

Untuk pertama kalinya Dubes Kerajaan Arabia untuk Indinesia, Syekh Essan bin Abed Al-Thawafi menyambangi kantor MUI Pusat.

Dalam kedatangannya, dia disambut disambut langsung oleh Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar, Waketum MUI Marsudi Syuhud, dan sejumlah petinggi MUI lainnya.

Adapun Wakil Sekretaris Jenderal MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Habib Ali Hasan Bahar memandu pertemuan tersebut.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al- Thaqafi bertemu pengurus MUI. (Foto dok Humas MUI). | Saudi bikin pemerintah Jokowi disalahin, KNPI siap lakukan ini di Kedubes

Habib Ali sebelumnya sudah berulangkali bertemu dengan Dubes Saudi karena hubungan keduanya memang dekat. Terselenggaranya pertemuan ini juga melalui Habib Ali.

Dubes Essam menyebutkan, pembatalan haji itu sama sekali tidak terkait dengan hubungan Indonesia dan Saudi yang kurang baik. Beberapa kalangan sebelumnya memang menilai pembatalan ini akibat masalah diplomasi.

Dalam pertemuan itu secara khusus Dubes Saudi Essam meluruskan pemberitaan tentang haji yang ramai di media pasca Kementerian Agama mengumumkan Pembatalan Keberangkatan Haji secara resmi.

“Masalah pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia. Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media,” ujar Dubes Essam melalui keterangan Infokom MUI, Selasa (8/6/2021).

Dubes Essam menambahkan, sampai saat ini, Kerajaan Arab Saudi belum mengirimkan undangan haji ke negara lain termasuk Indonesia. Ini dikarenakan ibadah haji tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Selain membahas Haji, Dubes Essam juga membahas rencana kerjasama antara MUI dengan Arab Saudi. Kerja sama tersebut meliputi bidang ukhuwah, dakwah, dan sebagainya (ta’awun wa tabadulul ara’) yang berorientasi pada penguatan Islam Wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts