Guru Besar UNJ Tanggapi Tulisan Ilmiah Megawati di Jurnal Pertahanan – AEOmedia

  • Whatsapp
Guru Besar UNJ Tanggapi Tulisan Ilmiah Megawati di Jurnal Pertahanan

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Guru Besar UNJ Tanggapi Tulisan Ilmiah Megawati di Jurnal Pertahanan.

– Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Dr. Hafid Abbas menanggapi tulisan ilmiah Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri. Dia memuji karya ilmiah yang mengangkat topik Pancasila yang dipublikasikan di Jurnal Pertahanan Universitas Pertahanan RI.

Read More

Baca :  Tak diundang acara PDIP di Semarang, Ganjar Pranowo temui Megawati! - AEOmedia

Menurut Prof. Hafid Abbas, tulisan ilmiah itu berjudul ‘The Establishment of Pancasila as the Grounding Principles of Indonesia’. Dalam bahasa Indonesia, berarti ‘Sejarah Pembentukan Pancasila sebagai Prinsip Dasar Indonesia’.

Prof. Hafid mengaku mendalami pemikiran Proklamator RI, Soekarno, yang menyarikan Pancasila. Bahkan, sebagai pribadi, dirinya melakukan gerakan menghidupkan kembali gerakan City of Intellect yang pernah digagas Bung Karno, lewat UNJ.

Dia mengaku sangat senang membaca pikiran-pikiran besar dan amat mendasar dari refleksi ilmiah yang diungkap Megawati tentang Pancasila di dalam tulisan ilmiah tersebut. Menurutnya, nilai-nilai universal Pancasila yang diuraikan Megawati di jurnal internasional ini, dapat menjadi kajian ilmiah lebih lanjut di dunia akademik.

Baca :  Megawati ungkap Risma sebenarnya makan hati jadi Mensos sampai mewek gegara ini - AEOmedia

“Tidak hanya di dunia pendidikan tinggi dalam negeri, tapi juga bagi masyarakat internasional. Sangat luar biasa,” kata Hafid Abbas, Kamis (10/6).

Mantan Dirjen HAM Kementerian Hukum dan HAM itu menyatakan pihaknya melihat sebuah cahaya terang lewat tulisan Megawati itu. Bahwa nilai-nilai universal Pancasila akan semakin mengakar di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia.

“Bukan hanya itu, kita sungguh berharap apa yang disampaikan Ibu Megawati ini juga memberi inspirasi bagi masyarakat internasional untuk merawat harmoni kehidupan dan perdamaian di mana pun di planet ini,” tegas mantan Komisioner Komnas HAM RI tersebut.

Hafid mengatakan hal itu sebagai wujud dukungannya atas rencana penganugerahan gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) yang akan diberikan Universitas Pertahanan (Unhan) RI kepada Presiden Megawati.

Baca :  4 tokoh keturunan Soekarno diprediksi bakal geser Megawati dari Ketum PDIP - AEOmedia

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pikiran anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Guru Besar UNJ Tanggapi Tulisan Ilmiah Megawati di Jurnal Pertahanan Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts