Waduh! Duit BNPB habis, biaya isolasi di hotel pasien Covid-19 jadi tanggungjawab Pemda deh. Punya duit nggak yaaa…. – Viral & Trending – AEOmedia

  • Whatsapp
Ilustrasi kamar hotel untuk isolasi mandiri. Foto: Ist

AEOmedia.com | Berita Terkini : Waduh! Duit BNPB habis, biaya isolasi di hotel pasien Covid-19 jadi tanggungjawab Pemda deh. Punya duit nggak yaaa…. – Viral & Trending, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Waduh! Duit BNPB habis, biaya isolasi di hotel pasien Covid-19 jadi tanggungjawab Pemda deh. Punya duit nggak yaaa…. – Viral & Trending, Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Pemerintah berencana mengalihkan pembiayaan hotel yang digunakan sebagai fasilitas isolasi mandiri pasien Covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke pemerintah daerah (pemda). Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kebijakan ini ditempuh agar penanganan kasus Covid-19 lebih optimal.

Baca :  Sahabat Airlangga: Stop Pencitraan, Saatnya Fokus Tangani Pandemi - AEOmedia

Read More

Sebab, setiap daerah memiliki persoalan yang berbeda terkait pandemi. “Hal ini menimbang upaya penanganan Covid-19 terbaik sesuai dengan tantangan yang khas dari setiap daerah dan diharapkan dapat diselesaikan secara lebih efektif,” kata Wiku seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/6/2021).

Wiku mengatakan, peralihan pembiayaan itu telah disepakati kementerian/lembaga terkait dan pemda. Naantinya, proses desentralisasi akan dilakukan secara bertahap. “Melalui kesepakatan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah, pembiayaan isolasi mandiri yang awalnya tersentral oleh pemerintah pusat akan secara bertahap dilakukan terdesentraslisasi kepada pemerintah daerah,” papar Wiku.

Baca :  BNPB kembali kirim bantuan penanganan darurat cuaca ekstrem di NTT - AEOmedia

Kendati demikian, Wiku menyebut, pemerintah pusat siap membantu pelaksanaan kebijakan ini. Pemda yang mengalami kendala terkait hal ini diminta berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Bagi pemerintah daerah yang mengalami kendala khususnya pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri bisa memanfaatkan forum komunikasi dengan pemerintah pusat untuk dapat dicari jalan keluarnya secara bersama-sama,” ujar Wiku.

Ilustrasi kamar hotel untuk isolasi mandiri. Foto: Ist

Dihentikan sementara

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi mengatakan, penghentian sementara pembiayaan akan dimulai 15 Juni 2021. “Selama ini (pembiayaan) kan pakai anggaran BNPB, cuma kita kehabisan kemarin. Jadi kita rapat lagi kita bilang coba (dibiayai) sampai 15 Juni,” kata Dody seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Baca :  Kasus Covid-19 Naik, RS di Jatim Diminta Siaga Kapasitas Tempat Tidur - AEOmedia

Dody mengatakan, BNPB saat ini sedang menunggu anggaran yang sedang diproses di Kementerian Keuangan. Selama proses anggaran masih berlangsung, BNPB menyerahkan sepenuhnya pembiayaan hotel untuk isolasi terkendali ke Pemprov DKI Jakarta.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts