Pantas MKD kantongi pelanggaran etik, desakan mundur Azis di DPR Kuat – AEOmedia

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Antara

AEOmedia.com | Berita Terkini : Pantas MKD kantongi pelanggaran etik, desakan mundur Azis di DPR Kuat, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Pantas MKD kantongi pelanggaran etik, desakan mundur Azis di DPR Kuat, Kami merangkum berita ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Kasus Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin yang diduga terlibat atass kasus suap penanganan perkara pemerintah Kota Tanjungbalai. Berbuntut panjang meminta agar Azis mundur dari DPR RI sekarang ini, naun Partai Golkar yang menaungi Azis masih belum memberi pernyataan resminya.

Ketua Badan Advokasi dan hukum (Bakumham) DPP Partai Golkar, Supriansa enggan menanggapi adanya desakan kepada salah satu kader Golkar Azis Syamsudin untuk mundur dari jabatannya sebagai wakil Ketua DPR RI.

“Kalau persoalan posisinya Pak Azis di DPR tentu ada mekanisme yang ada di Golkar melihat perkembangan kasus yang ada. Tunggu nanti pasti kita akan bertemu lagi nanti dalam rangka mengupdate informasi lebih lanjut,” kata Supriansa di DPP Partai Golkar, di Jakarta.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Antara

MKD DPR RI kantongi tiga pelanggaran etik Azis

Kasus yang diunkap KPK terkait keterlibatan Azis Syamsuddin, akhirnya berujung pada terbongkarnya beberapa kasus yang pernah terjadi. Diantara kasus yang diungkap lembaga antirasuah, Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Habiburakhman mengungkap ada pelanggaran lain.

Lebih lanjut Habiburokhman mengungkap jika dirinya telah menerima tiga laporan terkait dugaan pelanggaran etik Azis. Sehingga MKD juga dijadwalkan akan menggelar pleno 18 Mei 2021 mendatang.

Dengan rencana tersebut, supriansa sendiri mengambil sikap untuk tetap menghormati proses hukum yang berlaku.    

Politisi Gerindra Habiburokhman. Foto: –

“Apapun nanti keputusan-keputusan hukum, keputusan yang ada di MKD, keputusan yang ada di proses hukum di luar kesemuanya nanti akan kita merespons dengan baik nantinya,” ujarnya.

“Sekarang kan baru saksi, beliau baru dipanggil sebagai saksi selanjutnya kita akan mengupdate informasi lebih lanjut, oke ya,” ucapnya.

Golkar siapkan bantuan

Meski secara resmi tetap akan mempercayakan proses hukum, Azis Syamsudin menurut Supriansah dipastikan akan mendapat pendampingan Bakumham DPP Golkar. Bantuan hukum, tersebut akan mengkomunikasikan langkah selanjutnya terkait masalah yang tengah dihadapi Azis.  

“Tentu Pak Azis akan menyiapkan pengacara nanti. Nanti pengacara akan berkomunikasi langsung dengan saya terkait masalah yang dihadapi beliau,” ujar anggota Komisi III DPR itu.

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Foto: Dok Suara.

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane mendesak KPK segera mendalami dan segera memeriksa Azis Syamsuddin. Jangan seperti kasus Ketua Komisi III DPR Herman Heri yang mendadak hilang dari dalam BAP kasus korupsi Bansos yang melibatkan Menteri Sosial. Padahal dalam BAP yang dibacakan jaksa di sidang Tipikor nama Herman Heri disebut sebut diduga terlibat.

“Sikap Firli yang zero tolerance terhadap penyimpangan di KPK patut didukung. Untuk itu Firli harus mengusut tuntas semua pihak yang terlibat dalam kasus pemerasan Wali Kota Padang Sidempuan itu dan membawanya ke pengadilan Tipikor, termasuk Azis Syamsuddin,” kata Neta dalam keterangan tertulisnya kepada -, Jumat 23 April 2021.

Dalam hal ini kredibilitas Firli diuji, mampukah Ketua KPK menyeret Azis Syamsuddin ke pengadilan Tipikor, dengan tuduhan turut serta dalam kasus pemerasan dan gratifikasi yang melibatkan penyidik KPK.

Dalam kasus Herman Heri, Firli seperti tak berdaya. Namun dalam kasus Azis Syamsuddin, IPW berharap, Firli menunjukkan kedigdayaannya sebagai jenderal yang antikorupsi.

Kasus pemerasan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang diduga dilakukan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju menyeret nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts