Bayar pajak masih ke lokasi? Sudah zamannya online, yuk kenal E bupot! – AEOmedia

  • Whatsapp
Ilustrasi E Bupot. Foto: DDTCNews

AEOmedia.com | Berita Terkini : Bayar pajak masih ke lokasi? Sudah zamannya online, yuk kenal E bupot!, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Bayar pajak masih ke lokasi? Sudah zamannya online, yuk kenal E bupot!, Kami merangkum informasi terbaru ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Apa itu e bupot? E bupot adalah aplikasi berbasis laman yang disediakan pada situs pajak atau laman lain yang dapat dipakai untuk membuat bukti pemotongan, membuat dan melaporkan SPT masa PPh pasal 23 dan/atau 26 dalam bentuk dokumen elektronik seperti PDF.

E bupot (elektronik bukti potong) yaitu format digital sebagai bukti pemotongan. Software ini menggunakan elektronik, karena sifatnya non-fisik, maka tidak membutuhkan tanda tangan fisik dari pemotong lagi.

Selain itu, SPT-nya juga berbentuk elektronik jadi tidak perlu lagi cetak SPT dan proses pelaporannya dilakukan secara realtime.

Ilustrasi E Bupot. Foto: DDTCNews

Landasan hukum mengenai e-Bupot tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2017 tentang isi, bentuk, tata cara pengisian dan penyampaian, surat pemberitahuan masa pajak penghasilan, serta bentuk bukti pemotongan pajak penghasilan Pasal 23 dan Pasal 26.

Penerapan elektronik bukti potong ini sangat membantu khususnya untuk wajib pajak dimana potongan PPh-nya diwakilkan oleh wajib pajak lain.

Data yang masuk akan tersimpan dalam sistem administrasi elektronik bukti potong dan direktorat jendral pajak (DJP) atau penyedia jasa aplikasi perpajakan (PJAP) lainnya yang sudah terverifikasi oleh DJP.

Fungsi E bupot

Wajib pajak (WP) yang bertugas sebagai pemungut pajak (pemotong) wajib membuat laporan dan menerbitkan bukti potong sebagai bukti pertanggung jawaban atas pemotongan PPh 23 dan 26 yang telah dilakukan.

Elektronik Bukti Potong. Foto: DDTCNews

Kini, penerbitan bukti potong dapat dilakukan secara online dan realtime melalui aplikasi atau software elektronik bukti potong milik Direktur Jenderal Pajak (DJP).

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari selaku wajib pajak (WP), jika menggunakan software ini:

  • Aplikasi e-Bupot dapat hadir dengan skala yang lebih luas dan membawa angin segar bagi wajib pajak khususnya wajib pajak (WP) yang pemotongan PPh-nya dilakukan oleh wajib pajak lainnya
  • Memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk membuat dan melaporkan SPT Masa PPh Pasal 23/26
  • Meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak Pemotong PPh Pasal 23/26
  • Meringankan beban administrasi
  • Keamanan data terjamin
  • Menghindari terjadinya double account
  • Wajib pajak (WP) dapat membuat dan melaporkan pajaknya kapan dan dimana saja
  • Memberikan kepastian hukum bagi wajib pajak terkait status dan keandalan bukti pemotongan
  • Menyederhanakan proses bisnis yang terjadi di KPP

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts