Jangan jadi down, simak 5 cara berduka yang sehat saat kehilangan – AEOmedia

  • Whatsapp
Ilustrasi berduka. Foto: Pexels

AEOmedia.com: Kami merangkum portal Sehat dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Jangan jadi down, simak 5 cara berduka yang sehat saat kehilangan.

Penulis: Hersa Aranti, M.Psi., Psikolog (Psikolog SADARI)

Meski tak mudah, ada sederet cara yang bisa dilakukan untuk melewati proses berduka. Hal ini penting, agar kamu tetap bisa melangkah maju.

Di masa pandemi, banyak rasa kehilangan yang tidak dapat dihindari di seluruh penjuru dunia. Kehilangan rasa aman, rasa nyaman, pilihan rekreasi, kebebasan, stabilitas finansial, pekerjaan, hingga kehilangan orang tersayang. Dunia pun berduka dan setiap orang yang mengalaminya, pasti terguncang kesejahteraannya.

Ilustrasi berduka. Foto: Pexels

Dari sudut pandang psikologi, berduka adalah respons alami yang dialami saat kehilangan seseorang atau sesuatu yang ia anggap penting. Seseorang yang berduka dapat mengalami berbagai macam emosi seperti kesedihan hingga kesendirian.

Meskipun berat, berduka sendiri merupakan proses yang dibutuhkan dan perlu dialami agar bisa mencapai penerimaan. Dengan begitu, seseorang dapat move on dengan kehidupannya.

Jika proses berduka tidak berjalan dengan baik, kehilangan dapat berujung pada masalah psikologis yang lebih serius seperti depresi, gangguan kecemasan, atau gangguan psikologis lainnya.

Mencurahkan isi hati bisa mengurangi rasa berduka. Foto; Pexels

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar proses berduka bisa berjalan dengan sehat:

  1. Beri waktu untuk diri sendiri. Terima lah perasaan apapun yang menghampiri. Perlu  diketahui, berduka adalah sebuah proses yang membutuhkan waktu. Tidak usah terburu-buru.
  2. Bicara dengan orang lain. Sisihkan waktu untuk berbincang dengan keluarga atau teman terdekat. Hindari mengurung diri sendiri.
  3. Jaga diri dengan baik. Pastikan asupan makan dan waktu tidur tetap cukup. Usahakan untuk juga berolahraga, agar tubuh tetap fit dan tidak drop dalam menghadapi masa sulit.
  4. Lakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan/ menenangkan.
  5. Cari bantuan profesional terutama jika: Perasaan yang dialami sangat intens dan tidak kunjung membaik untuk waktu yang relatif lama, sulit menjalani kehidupan sehari-hari seperti bekerja atau membersihkan rumah, menyakiti diri atau merasa hidup tidak berharga, serta tidak berhenti menyalahkan diri sendiri.

Untuk tips inspiratif seputar self care dan relationship, yuk cek Instagram Sadari @sadari_diri.


Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pandangan anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Jangan jadi down, simak 5 cara berduka yang sehat saat kehilangan Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts