Gratis 2 Paket Obat Covid-19 saat Isoman, Bisa Pesan via Telemedicine – AEOmedia

  • Whatsapp
Gratis 2 Paket Obat Covid-19 saat Isoman, Bisa Pesan via Telemedicine

AEOmedia.com: Gratis 2 Paket Obat Covid-19 saat Isoman, Bisa Pesan via Telemedicine, beraneka macam informasi sehat itu mudah memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Gratis 2 Paket Obat Covid-19 saat Isoman, Bisa Pesan via Telemedicine.

–  Pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan tak harus dirawat di RS tetapi cukup isolasi mandiri atau isoman. Obat-obatan yang dikonsumsi juga berbeda dengan mereka bergeja sedang dan berat. Kini, bagi pasien Covid-19 gejala ringan dan tanpa gejala bisa memesan obat lewat layanan telemedicine secara gratis.

Read More

Kementerian Kesehatan memperluas layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri ke 3 wilayah yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek). Diujicobakan di Jakarta pada 7 Juli lalu, layanan telemedicine ini hadir untuk mempermudah masyarakat terutama yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk konsultasi kesehatan secara virtual tanpa harus datang ke RS serta untuk mengurangi beban keterisian tempat tidur di rumah sakit, sehingga layanannya bisa digunakan untuk pasien bergejala sedang, berat dan kritis.

Baca :  RSU dr. Zainoel Abidin Banda Aceh menjadi rumah sakit rujukan COVID-19 - AEOmedia

Total ada 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerja sama dengan Kemenkes yaitu Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell. Agar pelaksanaanya lebih efektif dan efisien, kini alur layanan telemedicine Covid-19 dibuat lebih ringkas. Pasien tidak perlu lagi mengirimkan pesan ke apotik Kimia Farma, tapi cukup mengisi form pemesanan obat dan unggah KTP di platform telemedicine yang dipilih dan semuanya sudah langsung diproses secara otomatis.

Layanan telemedicine gratis dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium. Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan.

Baca :  99,49 Persen Orang Kebal Covid-19 Usai Disuntik Sinovac - AEOmedia

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan test Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), maka pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes (dengan centang hijau) secara otomatis. Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedicine. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis. Sebelum berkonsultasi, pasien harus menginformasikan bahwa dirinya adalah pasien program Kemenkes.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien. Hanya pasien kategori isoman, yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis. “Ditekankan bahwa obat dan vitamin yang diberikan hanya untuk konsumsi pasien dan tidak boleh diperjualbelikan,” tegas pernyataan resmi Kemenkes, Rabu (14/7).

Baca :  Viral Tunggakan BPJS Pemerintah ke RS, Kemenkeu: Sudah Bayar Rp 24 M - AEOmedia

 

Apa Saja Obatnya?

  1. Orang tanpa gejala

Paket A (Orang Tanpa Gejala) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari.

 

  1. Gejala Ringan

Paket B (bergejala ringan) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari, Azithromisin 500mg sebanyak 5 butir konsumsi sehari sekali, Oseltamivir 75mg sebanyak 14 butir konsumsi dua kali sehari dan parasetamol tab 500 mg sebanyak 10 butir (apabila dibutuhkan). (*)

 

 

Kesimpulan
Dari sedikit keterangan di atas semoga memberikan tambahan perihal seputar dunia sehat itu nikmat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Gratis 2 Paket Obat Covid-19 saat Isoman, Bisa Pesan via Telemedicine Ini menjadikan anda tambah tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts