Rahasia Mitsubishi Xpander AP4, Mobil MPV yang Sukses di Ajang Rally – AEOmedia

  • Whatsapp
Rahasia Mitsubishi Xpander AP4, Mobil MPV yang Sukses di Ajang Rally

AEOmedia.com | Otomotif : Rahasia Mitsubishi Xpander AP4, Mobil MPV yang Sukses di Ajang Rally, Beragam informasi fans otomotif memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, Cek Langsung: Rahasia Mitsubishi Xpander AP4, Mobil MPV yang Sukses di Ajang Rally.

– Bisa dibilang Mitsubishi Xpander AP4 merupakan mobil keluarga paling brutal meskipun basisnya MPV. Terlihat dari tampilan Xpander AP4 dibekali dengan sayap besar di belakang, air scoop di atap, serta kaki-kaki jenjang dan setelan balap. Ini menunjukkan identitasnya sebagai mobil balap penggaruk tanah.

Read More

Ini yang membuat Mitsubishi Xpander AP4 mewakili Xpander Rally Team yang dikendarai pembalap sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar dan navigator M.Redwan menjuarai event rally nasional bertajuk “Fortuna Nusantara Tropical Sport Rally 2021”.

Balapan yang digelar di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, 10-11 April 2021, Mitsubishi Xpander AP4 mendominasi hari pertama, dan tetap konsisten hingga akhir lomba dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik. Ini lebih unggul 11 detik atas pesaing mereka yang berada di posisi kedua..

Baca :  Mitsubishi Optimistis Dongkrak Pasar di 2021 dengan Banyak Varian - AEOmedia

Kata Rifat, menjadikan Xpander, salah satu mobil terlaris di Indonesia, sebagai mobil reli bisa menjadi inspirasi banyak kalangan terjun ke dunia reli.

“Lomba kali ini sangat seru. Terjadi persaingan yang cukup ketat dengan M. Rihans dan Ryan Nirwan, saling kejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara dengan mengandalkan Xpander AP4 yang berbasis dari model Mitsubishi Xpander,” ujarnya kepada – Selasa (13/4).

Mitsubishi Xpander AP4 tampil sukses dikejuaraan reli bersama Rifat Sungkar. (dok.MMKSI)

Menurut Rifat event kali ini terbilang istimewa, lokasi balap yang bagus, di pinggir pantai dan menghadirkan suasana berbeda dari balapan-balapan sebelumnya. Tidak hanya itu animo pesertanya sungguh luar biasa.

Hampir semua komponen Xpander dilucuti untuk memangkas bobot, termasuk AC, lalu kabin dipasangi komponen-komponen khusus balapan. Meskipun tidak terlihat terlalu menjunjung estetika, pemandangan di kabin sangat rapi dan fungsional.

Setiap posisi komponen sudah diatur sedemikian rupa agar mudah dijangkau atau memenuhi unsur lain seperti keselamatan, pengaturan kestabilan berkendara, dan distribusi bobot.

Baca :  IIMS Hybrid 2021, Mitsubishi Ukir Raihan Positif, Xpander Paling Laris - AEOmedia

Posisi jok misalnya, sengaja dibuat agak ke belakang, mendekati pilar B, agar berat pebalap dan navigator berada tepat di tengah sasis. Pemandangan rapi terlihat di kabin belakang, area ini juga terasa lega.

Lokasi Xpander buat mengangkut sampai tujuh penumpang telah berubah menjadi fokus titik penguat roll bar, tempat alat pemadam kebakaran, serta perlengkapan seperti dongkrak dan lainnya.

Akselerasi Xpander AP4 menurut Rifat 0-100 km per jam sekitar 4 detik, namun dia mengaku belum pernah mengujinya langsung. Xpander AP4 menggunakan blok mesin Mitsubishi 4B11 lalu kapasitas mesinnya dicocokkan dengan regulasi AP4 yakni 1.600 cc dan ditambahkan turbo.

Tenaga dari mesin ini diklaim mencapai 350 hp dengan torsi nyaris 550 Nm menggunakan bahan bakar oktan 110. Bukan tenaga yang jadi soal, tapi torsi. Torsi itu lebih besar dari 4N15 2.400 cc MIVEC yang ada pada Pajero Sport, yaitu 430 Nm. Perlu dipahami juga torsi sebesar itu ada pada Xpander AP4 yang beratnya hanya 1.300 kg.

Baca :  Limpahan Fitur dan Kenyamanan Maksimal Xpander - AEOmedia

Konfigurasi suspensi Xpander AP4 yang menggunakan MCA, salah satu merek yang diizinkan dipakai dalam regulasi AP4. Suspensi ini seragam digunakan semua kontestan kelas balap reli AP4, namun pada Xpander keunggulannya yakni travel-nya panjang karena ruang rodanya besar.

Bagian paling menakutkan lainnya di mobil ini yakni kemampuannya berhenti dengan cepat, ini sempat bikin dada sakit karena tertahan sabuk pengaman. Mobil reli memang seharusnya demikian biar semakin lincah saat melibas tikungan.

Mitsubishi Xpander AP4 sabet beberapa kategori dalam kejuaraan di ajang Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021. (dok. MMKSI)

“Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan XPANDER Rally Team yang telah berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4. Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts