Megawati: Aduhh gile maaf jangan sampai IMF dengar nanti ngamuk dia! – Viral & Trending – AEOmedia

  • Whatsapp
International Monetary Fund (IMF)

AEOmedia.com | Berita Terkini : Megawati: Aduhh gile maaf jangan sampai IMF dengar nanti ngamuk dia! – Viral & Trending, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Megawati: Aduhh gile maaf jangan sampai IMF dengar nanti ngamuk dia! – Viral & Trending, Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Megawati Soekarnoputri mengungkapkan bagaimana tekanan yang ia alami saat memimpin Indonesia dalam masa transisi. Salah satunya Megawati mengaku pusing banget ditekan oleh IMF atau Dana Moneter Internasional. Namun saking pusingnya, Megawati berani lho lawan IMF.

Megawati menyampaikan tekanan dalam masa transisi itu dalam pidato pengukuhan profesor kehormatan di Universitas Pertahanan pada Jumat pekan lalu.

Jangan bilang IMF nanti ngamuk

International Monetary Fund (IMF). Foto Instagram @traderusarg

Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengaku memimpin Indonesia di masa transisi penuh dengan tantangan.

Namun situasi tantangan itu mencetak kualitas dan bagaimana seharusnya pemimpin bertindak. Nah Megawati mengaku salah satu tantangannya adalah IMF.

“Saat saya jadi presiden, kepala ini jadi kaki, karena 1997 kan krisis, dunia alami krisis. Pontang-panting tim ekonomi saya itu hadapi tekanan IMF, itu aduhh, kenapa saya yang ketiban ya, panjang lah ceritanya,” ujar Mega dikutip dari siaran Youtube PDIP.

Mega melanjutkan kala itu dia mengambil posisi melawan IMF yang terus menerus menekan Indonesia untuk melakukan skenario dan skema lembaga pinjaman internasional tersebut. Namun Mega mengaku nggak mau begitu saja tunduk pada IMF, dia instruksikan anak buahnya untuk melawan dan mengikuti instruksinya.

“Ketika saya hadapi IMF, apa kita pusingnya itu nggak pusing tujuh keliling lagi. Sepertinya saya merasa, maaf jangan disampaikan ke IMF ya nanti dia ngamuk dah. Saya bilang kan suka bahas dengan guyon, ‘gile dia (IMF) ini siapa ya, enak saja republik ini republik kita, lha kok kita musti begini begitu ya, saya bilang nanti dulu lah,” katanya melawan tekanan IMF.

Kemudian dia memerintahkan anak buahnya untuk menjalankan paket kebijakan ekonomi yang tak tunduk pada IMF. Menurut Mega, itulah bukti kepemimpinan, harus punya sikap jangan asal tunduk dengan asing.

“Saya bilan ke menteri, harus ada keyakinan dari pimpinan. Saya bilang ke menteri saya, kamu kan orang pinter, jalankan perintah saya nanti saya tanggung jawab, that the leader!!” katanya dengan nada tinggi.

Gagasan Megawati soal kepemimpinan strategik

Megawati Soekarnoputri mendapat gelar profesor kehormatan dai Unhan. Foto Pdiperjuangan.id

Megawati menjelaskan dalam perspektif kekinian, kepemimpinan Strategik setidaknya dihadapkan pada tiga perubahan besar yang mendisrupsi kehidupan manusia.

Pertama adalah perubahan pada tataran kosmik sebagai bauran kemajuan luar biasa ilmu fisika, biologi, matematika, dan kimia. Hal ini memunculkan teknologi baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya seperti rekayasa atomik.

Kedua, revolusi di bidang genetika, yang bisa mengubah keseluruhan landscape tentang kehidupan ke arah yang tidak bisa dibayangkan dampaknya, manakala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dijauhkan dari nilai kemanusiaan.

Ketiga adalah kemajuan di bidang teknologi realitas virtual. Di mana seseorang dapat menikmati pengembaraan ke seluruh pelosok dunia bahkan ke luar angkasa tanpa meninggalkan rumahnya sama sekali.

Megawati mengatakan ketiga perubahan di atas, hadir dalam realitas dunia yang masih diwarnai berbagai bentuk ketidakadilan akibat praktek penjajahan gaya baru, namun tetap pada esensi yang sama. Yakni perang hegemoni, perebutan sumber daya alam, dan perebutan pasar, diikuti daya rusak lingkungan yang semakin besar.

“Hubungan antar negara dalam perspektif geopolitik, juga menunjukkan pertarungan kepentingan yang sama. Bahkan kini semakin meluas. Atas nama perang hegemoni lingkungan dikorbankan. Perubahan teknologi dalam ketiga aspek tersebut justru memperparah eksploitasi terhadap alam,” ujarnya dikutip dari siaran Youtube PDIP, Jumat 11 Juni 2021.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts