Awas Preeklamsia Saat Hamil, Ini Saran Dokter Bagi Bumil – AEOmedia

  • Whatsapp
Awas Preeklamsia Saat Hamil, Ini Saran Dokter Bagi Bumil

AEOmedia.com: Awas Preeklamsia Saat Hamil, Ini Saran Dokter Bagi Bumil, Beragam informasi kesehatan memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia olahraga, maka dari itu AEOmedia.com Akan membahas yang sedang unik di perbincangkan yaitu Awas Preeklamsia Saat Hamil, Ini Saran Dokter Bagi Bumil.

– Kesehatan kandungan ibu hamil menjadi syarat utama agar anak mereka lahir sehat. Ibu hamil juga harus mengendalikan tekanan darah mereka agar tak terjadi hipertensi selama kehamilan atau preeklamsia.

Read More

Baca :  Hipertensi Ancam Usia Muda 18 Tahun, Hindari 5 Faktor Pemicunya - AEOmedia

Dalam webinar ‘Peran Gizi Sebagai Langkah Pengendalian Hipertensi dan Menjaga Sistem Imun dalam Kehamilan’, sebagai upaya mendukung ibu agar tetap sehat, para bumil diedukasi tentang konsumsi yang tepat selama kehamilan. Salah satunya mengurangi konsumsi garam.

“Seputar fakta informatif tentang bumbu umami dan manfaat klinis Monosodium Glutamat (MSG) di tengah pandemi Covid-19,” kata Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia Katarina Larasati kepada wartawan secara dariny baru-baru ini.

Dokter Spesialis Gizi Klinik di Melinda Hospital Bandung dr. Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, mengatakan hipertensi masih berpotensi terjadi pada ibu hamil. Angka kejadian pre-eklamsia (hipertensi pada kehamilan) sebenarnya lebih tinggi di negara berkembang seperti Indonesia yang persentasenya mencapai sekitar 7-10 persen.

Baca :  Pasien Hipertensi 3 Kali Lipat Berisiko Stroke dan Gagal Jantung - AEOmedia

Menurut dr. Johanes, mengontrol asupan kalori dan nutrisi lainnya sangat penting untuk mencegah risiko hipertensi pada kehamilan. Ada beberapa cara untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan, serta meningkatkan imunitas ibu dan janin yang dikandungnya. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang memperbanyak sayuran dan ikan, dan strategi diet rendah garam.

“Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya sayur dan ikan mengurangi kemungkinan terkena hipertensi gestasional sebesar 14 persen dan pre-eklamsia sebesar 21 persen,” ujar dr. Johanes, di acara webinar baru-baru ini.

Menurutnya, melakukan diet rendah garam juga menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya penyakit degeneratit seperti hipertensi. Sudah banyak penelitian tentang penurunan asupan natrium (garam).

Baca :  Mayoritas Bumil Sulit Temukan Dokter Kandungan yang Cocok dan Asyik - AEOmedia

Contoh dalam penelitian terbaru tahun 2020, Journal of Food Science juga membuktikan peran MSG dalam menjaga rasa nikmat pada makanan walaupun kadar natrium nya dikurangi antara 30-60 persen. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penurunan asupan garam dapat dicapai tanpa harus mengorbankan cita rasa makanan dengan penambahan MSG secukupnya.

Kesimpulan
Dari sedikit berita di atas semoga memberikan tambahan pendapat seputar dunia sehat itu nikmat dari seluruh dunia. Semoga artikel yang membahas Awas Preeklamsia Saat Hamil, Ini Saran Dokter Bagi Bumil Ini menjadikan anda pasti tertarik

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts