Sempat Terhalang Pandemi, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergeliat – AEOmedia

  • Whatsapp
Sempat Terhalang Pandemi, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergeliat

AEOmedia.com: Sempat Terhalang Pandemi, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergeliat, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Sempat Terhalang Pandemi, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergeliat, Kami merangkum berita terkini ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

– – Sejak merebak para tahun lalu, Covid-19 menghambat laju perekonomian, termasuk kegiatan ekspor. Biaya freight yang melonjak, ditambah kebijakan banyak negara yang menghentikan sementara lalu lintas keluar-masuk barang dan manusia menjadi penghalang bagi banyak komoditas ekspor Indonesia.

Read More

Baca :  Tanam porang bisa dapat Rp 3 miliar tak sampai 2 tahun, begini caranya - AEOmedia

Ekspor paraffin wax adalah salah satu yang terkena dampaknya. Salah satu perusahaan paraffin wax di Indonesia, PT Kirana Mitraabadi (KMA) ikut merasakan imbas pandemi.

Padahal, ekspor KMA boleh dibilang strategis karena mereka merupakan salah satu elemen hilirisasi penting bagi produk Pertamina.

“Ekspor kami sempat terhenti di 2020 akibat pandemi. Permintaan dari beberapa negara tak bisa kami penuhi karena persoalan regulasi di negara yang bersangkutan, ketersediaan pengiriman, serta biaya kirim yang tinggi,” papar Direktur Utama PT Kirana Mitra Abadi Edo Lesmana dalam keterangan resmi yang diterima.

Untungnya, sejak awal 2021, alur ekspor mulai bergerak kembali. Segala rintangan, termasuk biaya pengiriman, mulai mendekati titik normal. Beberapa industri dari beberapa negara juga langsung mengirimkan pesanan.

Baca :  Pandemi, Laba Bersih Panca Mitra Multiperdana Melonjak 78 Persen - AEOmedia

Edo mengatakan, paraffin wax sendiri biasanya diimpor dari Tiongkok. Kehadiran PT KMA sejak 2010 cukup menekan angka impor komoditas multiguna tersebut dengan memenuhi kebutuhan dalam negeri, termasuk mengekspor produk turunannya ke Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Asia, Australia, dan bahkan Afrika.

“Kami berharap kehadiran kami mampu membantu pemerintah dan bangsa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan domestik sehingga mampu menekan impor. Kami bahkan sudah mampu memenuhi permintaan global sehingga mampu meningkatkan volume ekspor dari Indonesia,” jelas Edo.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts