Pemudik Balik Jakarta Wajib Lapor RT dan Tunjukan Surat Bebas Covid – AEOmedia

  • Whatsapp
Pemudik Balik Jakarta Wajib Lapor RT dan Tunjukan Surat Bebas Covid

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Pemudik Balik Jakarta Wajib Lapor RT dan Tunjukan Surat Bebas Covid.

– – Pemerintah berupaya untuk menekan angka Covid-19 dengan mengantisipasi masyarakat pemudik yang kembali ke Jakarta. Sejumlah ketentuan dibuat untuk memastikan para pemudik yang kembali bebas Covid-19.

Read More

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah bersama Pemkot Jakarta Selatan telah menyiapkan langkah antisipatif yang harus dilakukan oleh semua warga. Salah satunya melaporkan kedatangan mereka ke Ketua RT setempat.

Azis memaparkan, nantinya Satgas Covid-19 di tingkat RT dan RW akan mendatangi warga tersebut untuk mengecek surat hasil tes negatif  Covid-19 milik masyarakat yang kembali ke tempat tinggalnya.

Baca :  Meski Cuma di Rumah Saja, Cinta Laura Ingatkan untuk Selalu Pakai Sunscreen - AEOmedia

Apabila belum punya hasil swab antigen, setelah lapor Ketua RT, wajib isolasi mandiri di rumah masing-masing sambil menunggu petugas yang akan melaksanakan swab antigen. Satgas akan mendata setiap harinya lewat aplikasi Data Warga mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB.

“Masuk kampung wajib lapor Ketua RT dan menunjukkan surat hasil swab antigen non reaktif,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (15/5).

Azis menegaskan masyarakat yang tengah isolasi mandiri dilarang untuk keluar rumah sampai dilakukan swab test antigen oleh petugas. Begitu juga saat tes sudah dilakukan namun hasilnya belum keluar, warga tersebut harus tetap isolasi mandiri.

Lebih jauh, Ia mengatakan, jika hasil swab antigen positif, maka akan dilanjutkan swab test PCR. Bila pada tes terakhir itu hasilnya juga positif maka akan diambil langkah lanjutan sesuai dengan kondisi pasien.

Baca :  Ini Syarat Perjalanan Setelah Larangan Mudik Berakhir - AEOmedia

Bila hasil test PCR positif, bagi pasien yang bergejala tim kesehatan kecamatan merujuk ke rumah sakit dan bagi yang tidak bergejala ditempatkan ke lokasi, wisma atlit dan/atau lokasi isolasi yang ditetapkan pemda dan/atau lokasi isolasi yang ditetapkan oleh Satgas RT dan RW.

“Bisa optimalkan isolasi mandiri di rumah warga tersebut sepanjang representatif),” imbuhnya.

Azis menambahkan, jika terdapat kasus positif corona dari lima rumah di satu RT maka akan ditetapkan sebagai zona merah. Dengan begitu akan berlaku micro lockdown di wilayah tersebut.

“Apabila terdapat lebih 5 rumah dalam 1 RT terkonfirmasi positif Covid-19 (Zona Merah), maka 3 pilar menetapkan wilayah RT tersebut untuk melaksanakan Micro Lockdown,” ungkapnya.

Baca :  Tanggulangi Pandemi, Satgas Minta Warga Jadi Agen Promosi Kesehatan - AEOmedia

Azis tidak merinci ketentuan micro lockdown tersebut. Namun merujuk syarat penetapan micro lockdown besar kemungkinan ketentuan aturannya sesuai dengan Ingub nomor 27 tahun 2021. Tepatnya pada diktum ke satu huruf D. Jika ada RT dalam kondisi tersebut maka walikota akan melakukan pemantauan kesehatan dan memberikan dukungan logistik.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan paham anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Pemudik Balik Jakarta Wajib Lapor RT dan Tunjukan Surat Bebas Covid Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan gratisnya pengetahuan dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts