IIMS Targetkan Transaksi Rp 4 Triliun – AEOmedia

  • Whatsapp
IIMS Targetkan Transaksi Rp 4 Triliun

AEOmedia.com | Otomotif : IIMS Targetkan Transaksi Rp 4 Triliun, berbagai portal otomotif memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, Yuk lihat: IIMS Targetkan Transaksi Rp 4 Triliun.

– Setelah tahun lalu absen, pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) kembali hadir tahun ini. Kali ini, pameran digelar dengan konsep hybrid atau perpaduan antara event offline dan online. Targetnya, pameran mencetak transaksi Rp 4 triliun.

Read More

Kemarin (15/4) Presiden Joko Widodo membuka pameran secara virtual. Dalam sambutannya, presiden mengatakan bahwa industri otomotif merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional yang harus segera diakselerasi. ”Di sini banyak keterlibatan pelaku usaha di dalam negeri mulai hulu sampai hilir yang harus ditingkatkan,” ujar Jokowi.

Baca :  Toyota Bukukan Penjualan 1.021 Unit selama IIMS 2021, Innova Terlaris - AEOmedia

Dia juga meminta UMKM terlibat. Dengan bangkitnya industri tersebut, mantan gubernur DKI Jakarta itu berharap lebih banyak kesempatan kerja yang diberikan kepada para tenaga kerja lokal. Selain itu, angka ekspor Indonesia ke pasar global naik. ”Industri otomotif menjadi salah satu prioritas bagi pertumbuhan investasi,” ucapnya.

Pemerintah, lanjut dia, juga tengah berupaya meningkatkan iklim investasi. Saat ini Indonesia memiliki lembaga pengelola investasi atau Indonesia Investment Authority. Lembaga itu diharapkan memberikan banyak kemudahan dan kepastian bagi para investor untuk membangun usaha produktif. ”Kebijakan relaksasi pajak juga telah diterbitkan pemerintah untuk mendongkrak penjualan dan daya beli produk otomotif untuk mendorong makin banyak permintaan di situ,” paparnya.

Jokowi berharap penyelenggaraan pameran otomotif itu dapat meningkatkan reputasi Indonesia di dunia otomotif global. Selain itu, kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri dapat ditingkatkan dengan pemakaian bahan baku lokal.

Baca :  Ada Lelang Mobil Mewah di IIMS 2021 - AEOmedia

Penyelenggaraan IIMS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelum pandemi. Kondisi new normal mensyaratkan pembatasan pengunjung dan penerapan protokol kesehatan ketat atau biasa disebut sebagai panduan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability) dalam standar industri pariwisata.

Untuk memenuhi prokotol kesehatan, penyelenggara membatasi pengunjung offline, yakni 25 persen dari kapasitas gedung. Sebagaimana diketahui, hall JIExpo Kemayoran bisa menampung maksimal 2.000 orang. ”Dengan adanya pembatasan, hanya 500 orang yang bisa masuk. Adapun total pengunjung yang masuk dibatasi 5.000 orang per hari,” ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh.

Meski target pengunjung 25 persen dari total kapasitas gedung, Hendra menyebutkan, IIMS Hybrid 2021 optimistis mematok target transaksi Rp 4 triliun. Angka tersebut 50 persen lebih rendah daripada nilai transaksi penjualan otomotif di IIMS sebelum diterpa pandemi Covid-19. ”Target Rp 4 triliun selama seminggu perhelatan IIMS cukup rasional. Ini akan menjadi momen menarik bagi pengunjung untuk menikmati pameran otomotif yang sudah lama tak dihelat,” tambahnya.

Baca :  Punya Uang Rp20 Juta Bisa Bawa Pulang Mobil Honda di IIMS - AEOmedia

Untuk IIMS versi virtual, Hendra menjelaskan bahwa pameran tersebut akan lebih memfokuskan pada penjualan dan promo harga menarik dari setiap APM.

Baca juga: Buka IIMS, Jokowi Ingin Investasi di Sektor Otomotif Jadi Prioritas

Hendra juga menyinggung bahwa target transaksi Rp 4 triliun mempertimbangkan iklim penjualan otomotif yang sedang positif karena relaksasi PPnBM dari pemerintah. Hal itu dinilai bisa semakin menggairahkan penjualan mobil di IIMS tahun ini. ”Apalagi sekarang PPnBM sudah mengerek naik ke segmen mobil 2.500 cc. Pasar ini adalah pasar yang lumayan besar. Hampir semua APM yang memetik keuntungan dari PPnBM hadir di IIMS,” tandasnya.

 

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts