Pihak KPK Berdalih, 75 Pegawai yang Gagal TWK Tidak Dipecat – AEOmedia

  • Whatsapp
Pihak KPK Berdalih, 75 Pegawai yang Gagal TWK Tidak Dipecat

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka ragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Pihak KPK Berdalih, 75 Pegawai yang Gagal TWK Tidak Dipecat.

– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara soal polemik 75 pegawai yang diminta untuk menyerahkan tanggung jawab dan tugasnya kepada atasan masing-masing. KPK berdalih, surat keputusan (SK) kepada 75 pegawai KPK itu bukan nonaktif.

Read More

“Dapat kami jelaskan bahwa saat ini 75 pegawai KPK yang berdasarkan TWK yang diselenggarakan BKN dinyatakan TMS tersebut tersebar di hampir semua direktorat, bukan dinyatakan nonaktif, karena semua hak dan tanggung jawab kepegawaiannya masih tetap berlaku,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (15/5).

Baca :  Sah! 1.271 Pegawai KPK Resmi Menjadi ASN - AEOmedia

Ali menyampaikan, pelaksanaan kinerja di seluruh kedeputian dilakukan, tidak ada yang individual. Namun secara tim dalam bentuk satgas yang dipimpin ketua tim atau kasatgas dengan kontrol dari direktur masing-masing direktorat sebagai atasan langsung.

Ali mememastikan, sejauh ini khusus pekerjaan pada kedeputian penindakan masih berjalan. Demikian juga program dan kegiatan pada kedeputian yang lain.

“Menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada atasan langsung maksudnya adalah sekiranya atas polemik saat ini ada pekerjaan yang berpotensi menimbulkan implikasi hukum agar diserahkan lebih dahulu kepada atasan langsungnya sampai ada keputusan lebih lanjut,” ucap Ali.

Dia lantas menegaskan, sejauh ini belum ada keputusan apapun terkait pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TSM) alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN). Hal ini dilakukan sampai ada keputusan, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Kemenpan RB dan BKN.

Juru bicara KPK bidang penindakan itu menuturkan, seluruh pegawai yang berjumlah sekitar 1.586 orang adalah orang-orang yang penuh integritas. Dia mengungkapkan itu aset bagi KPK dalam ikhtiar pemberantasan korupsi.  “Untuk itu tentu KPK akan mengambil keputusan yang terbaik sesuai aturan yang berlaku atas hasil TWK dari BKN tersebut,” tegas Ali.

Baca :  75 Pegawai KPK Terancam Dipecat, Johan Budi Bakal Cecar Firli Cs - AEOmedia

Sebelumnya, penyidik senior KPK Novel Baswedan mengomentari surat keputusan (SK) tentang Hasil Asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Novel menilai, hal itu merupakan tindakan sewenang-wenang Ketua KPK Firli Bahuri.

Pasalnya dalam SK itu, 75 pegawai KPK pegawai diminta untuk menyerahkan tugas dan tanggung jawabnya kepada atasan langsung, sampai dengan ada keputusan lebih lanjut.  “Itu SK tentang hasil assesment TWK, bukan pemberhentian. Tapi isinya justru meminta agar pegawai dimaksud menyerahkan tugas dan tanggung jawab (nonjob), menurut saya itu adalah tindakan ketua KPK yang sewenang-wenang,” seru Novel ketika dikonfirmasi, Selasa (11/5).

Novel menyampaikan, Firli Bahuri telah bertindak sewenang-wenang. Menurutnya terbitnya SK itu menjadi masalah serius bagi kinerja pemberantasan korupsi. “Seorang Ketua KPK bertindak sewenang-wenang dan berlebihan seperti ini yang menarik dan perlu menjadi perhatian. Karena itu menggambarkan masalah serius yang sesungguhnya,” ucap Novel.

Baca :  Lakpesdam PBNU Nilai Firli Bahuri Cs Berpotensi Obstruction of Justice - AEOmedia

Novel tak memungkiri, akibat tindakan kesewenangan itu, para pegawai KPK tidak lagi bisa menangani perkara yang sedang berlangsung di lembaga antirasuah. “Akibat dari tindakan sewenang-wenang tersebut para penyidik atau penyelidik yang tangani perkara disuruh berhenti tangani perkara,” tukasnya. (*)

 

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pikiran anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Pihak KPK Berdalih, 75 Pegawai yang Gagal TWK Tidak Dipecat Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts