Bela Palestina dicap kadrun, I don’t care! kata Ulil mantu Gus Mus – Viral & Trending – AEOmedia

  • Whatsapp
Demonstrasi massa pro Palestina di London (11/5). Foto: Ruptly TV

AEOmedia.com | Berita Terkini : Bela Palestina dicap kadrun, I don’t care! kata Ulil mantu Gus Mus – Viral & Trending, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Bela Palestina dicap kadrun, I don’t care! kata Ulil mantu Gus Mus – Viral & Trending, Kami merangkum Hotline News ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Serangan Israel ke wilayah Gaza Palestina sedang menjadi perbincangan panas di Indonesia. Malahan ada narasi yang membela Israel dengan dalih ada manuver militan Palestina, Hamas yang memaksa negeri zionis itu menyerang Gaza. Melawan narasi ini sampai ada cendekiawan muslim yang enggak peduli bela Palestina dicap kadrun.

Perlawanan pada narai tersebut pun bermunculan. Nggak bisa menyamakan Palestina dengan menyederhanakan dengan militan Palestina, Hamas, saja.

Bela Palestina kok kadrun

Demonstrasi massa pro Palestina di London (11/5). Foto: Ruptly TV

Cendekiawan muslim, Ulil Abshar Abdalla bersuara lantang membela Palestina dari penjajahan Israel. Kekinian wilayah Gaza dibombardir oleh serangan militer Israel.

Bagi Ulil, dia nggak peduli kalaupun ada penilaian orang, siapa saja yang membela Palestina itu artinya masuk kelompok kadrun.

“Imam Syafii’i pernah berkata demikian: jika mencintai ahlul bait (keluarga Nabi) itu pertanda Syiah, ya saya Syiah. Saya lanjutkan: Jika berpihak pada bangsa Palestina anda bilang itu pertanda kadrun, ya saya kadrun. I don’t care!” tulis Ulil di kicauan Twitternya soal bela Palestina dan kadrun, dikutip Sabtu 15 Mei 2021.

Menurut Ulil, dia membela Palestina alasannya sederhana saja, karena Palestina ini lemah dijajah.

“Bagi saya, membela Palestina sederhana alasannya: karena ia lemah, dizalimi. Membela Israel jelas tidak bermoral. Negara ini disokong bilyunan dolar setiap tahun oleh AS, disokong senjata unlimited, punya senjata nuklir. Palestina jelas “cicak” kecil berhadapan dg buaya raksasa,” tulis Ulil dalam kicauannya di akun Twitternya.

Dalam beberapa hari terakhir ini, muncul gerakan untuk membela Palestina. Nggak usah teori yang tinggi, atau yang rumit. Untuk membela Palestina itu nggak harus muslim, cukup menjadi manusia saja untuk membela Palestina.

Ulil dengan sederhana menyamakan Palestina sebagai petani, sedangkan Israel itu korporasi. Jelas ya nggak berdaya adalah petani.

Dia menuliskan kalau ada perusahaan besar konflik dengan petani kecil yang tak berdaya, nggak butuh pikiran canggih untuk membela si petani. Cukup pakai nurani sederhana. Malah kata Ulil, kalau ada bela perusahaan raksasa dalam konflik itu, secara naluriah kita akan langsung merasakan kejanggalan.

Menurutnya berpihak pada Palestina, konsisten dengan semangat pembukaan konstitusi UUD 1945, dan juga segi kemanusiaan secara umum maupun segi rasa keadilan.

Dalih Hamas

Ilustrasi pasangan ngobrol. (Pexels/Jack Sparrow)
Asap dampak serangan Hamas vs Israel di Jalur Gaza Selatan. Foto Antara/Reuters/ Ibraheem Abu Mustafa/aww.

Nah atas narasi yang membela Israel lantaran Hamas ini mengkapitalisasi penderitaan Palestina, Ulil nggak sepakat.

Cek aja, kata Ulil, sebelum Hamas lahir pun rakyat Palestina sudah jadi bulan-bulanan Israel.

“Kezaliman dan pendudukan Israel terhadap Gaza terjadi jauh sebelum Hamas lahir. Israel selalu memakai Hamas sebagai pembenaran atas aksi2 kekerasannya selama ini. Itulah propaganda,” kata dia.

Ulil pun mengkritik cara berpikir dalih Israel menyerang Gaza karena mempertahankan diri. Lagi-lagi, Ulil menggunakan analogi petani vs korporasi.

“Alasan standar Israel menyerang Gaza: self defence. Bayangkan keadaan ini. Seorang petani, tanahnya diserobot seorang kaya, lalu ia membangun rumah mewah di situ. Si petani marah; melempari batu rumah itu. Si kaya mengokang bedil, menembak si petani. Alasannya: self defence!” tulisnya.

Menurut menantu Gus Mus ini, alasan pertahanan diri ini nggak masuk logika. Pembelaan Israel sih baginya bukan pertahanan diri melainkan agresi atas nama pertahanan diri.

Bagaimana Sobat Hopers penilaianmu soal Palestina vs Israel ini?


Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts