Piala Menpora 2021, APPI Soroti Klub Kontrak Pemain Sebulan – AEOmedia

  • Whatsapp
Jawapos

AEOmedia.com | Liga Indonesia : Piala Menpora 2021, APPI Soroti Klub Kontrak Pemain Sebulan, Dunia olahraga memang tidak akan pernah ada habisnya jika di bahas, dan uniknya lagi selalu ada hal baru di dalam dunia permainan bola di indonesia, Cek Langsung: Piala Menpora 2021, APPI Soroti Klub Kontrak Pemain Sebulan.

– Piala Menpora 2021 bak oase bagi pesepak bola di Indonesia. Bisa kembali bermain, berarti kembali ada pemasukan. Namun, di antara kegembiraan tersebut, ada ancaman besar yang menanti sejumlah pemain. Terutama mengenai kontrak. Sebab, beberapa klub hanya mengontrak pemain untuk Piala Menpora 2021.

Read More

Hal itu mendapat sorotan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI). Mereka menyorot kontrak berdurasi 1 bulan. Sekretaris APPI M. Hardika Aji menyatakan, kontrak jangka pendek 1 bulan akan jadi masalah ketika turnamen selesai. Nasib pemain ditakutkan tidak akan diurus klub lagi. ”Jika ada yang cedera atau positif Covid-19, penyembuhan dan lain-lainnya siapa yang cover? Karena sudah lewat durasi kontrak,” terang dia.

Baca :  Kesaksian Sopir Joko Driyono, Muhammad Mardani Mogot Alias Dani Pernah Lakukan Hal Mengejutkan

Jika cedera ringan atau bisa sembuh dalam waktu dekat, tidak masalah. Yang jadi problem apabila cedera panjang dan butuh operasi dengan biaya besar. Pemain bahkan bisa terancam kariernya. ”Ditakutkan, pemain yang bersangkutan, selain sudah tidak ada ikatan kontrak alias tidak ada gaji, masih mengalami cedera plus penyembuhannya tidak ada yang menanggung, lalu bagaimana?” katanya.

Aji menyadari kondisi saat ini memang tidak ideal. Klub punya pertimbangan ketika hanya mengikat kontrak pemain untuk Piala Menpora. Selain kondisi keuangan, kepastian untuk kompetisi Liga 1 belum jelas. Namun, menurut dia, klub tetap harus melindungi pemain. Artinya, kesepakatan finansial yang terjalin harus dibarengi dengan perlindungan total. ”Apalagi, terkait dengan kesehatan dan cedera, harusnya lebih dari sekadar kompetisi biasa,” katanya.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kontrak ”yang semestinya” kepada pemain. ”Namun, kontrak kan konsensus,” ucapnya. Karena itu, dia berharap pemain tidak semata-mata berpikir soal ekonomi.

Persiraja Banda Aceh adalah salah satu tim yang mengontrak seluruh pemainnya khusus Piala Menpora 2021. Sekretaris Persiraja Rahmat Djailani menyatakan, hal itu dilakukan karena Liga 1 belum jelas. Pihaknya tidak mau mengambil risiko mengalami kerugian yang besar seperti ketika Liga 1 dihentikan musim lalu.

Baca :  Arema FC Tereliminasi dan Jadi Juru Kunci karena Kesalahan Sendiri - AEOmedia

Meski begitu, dia mengingatkan APPI untuk tenang. Menurut dia, Laskar Rencong tidak akan membiarkan mantan pemainnya mengalami kesusahan pascaturnamen. Artinya, Persiraja akan bertanggung jawab atas segala macam cedera yang dialami pemain selama Piala Menpora. Tentu ketika latihan dan pertandingan saja. ”Di luar itu, misal kecelakaan saat jalan-jalan, kami tidak akan tanggung. Dalam kontrak pemain kami ada klausul untuk memberikan asuransi cedera kepada setiap pemain kok. Jadi, tidak ada masalah,” tegasnya.

Salah seorang pemain yang dikontrak hanya untuk Piala Menpora 2021 adalah M. Roby. Dia direkrut Arema FC yang butuh tambahan stoper. Maklum, hanya ada Bagas Ikhfanul Alam, Bagas Adi, dan Caio Ruan di posisi itu. Tiga stoper tidak cukup untuk mengarungi Piala Menpora 2021.

Pertimbangan itu datang dari tim pelatih. ”Menurut tim pelatih, kalau untuk kompetisi, masih kurang. Tapi, kalau untuk Piala Menpora, nggak masalah. Toh kami juga butuh tambahan stoper,” kata General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Roby memang bek berpengalaman. Dia pernah membela Persija Jakarta dan Persik Kediri. Sebelum ke Arema FC, dia berstatus pemain tim Liga 2 Persekat Tegal. Dia tetap berharap bisa mendapat kontrak untuk Liga 1 2021. ”Saya akan manfaatkan kepercayaan yang diberikan dengan bermain semaksimal mungkin,” terang pemain kelahiran 12 September 1985 tersebut.

Baca :  Vaksinasi adalah Pintu Masuk untuk Menggelar Liga 1 2021 - AEOmedia

Di PSM, Patrich Wanggai bernasib sama. ”Dia (Patrich, Red) kami kontrak hanya untuk Piala Menpora 2021,” kata CEO PSM Munafri Arifuddin. Pihak manajemen memang kudu berhati-hati. Mereka tidak mau langsung memberikan kontrak jangka panjang. ”Performa pemain bisa saja menurun karena kompetisi lama berhenti,” jelas pria yang akrab disapa Appi tersebut.

Baca juga: Insentif Piala Menpora: Subsidi Transportasi, Tanggung Akomodasi

Meski begitu, tim pelatih tetap akan melihat bagaimana penampilan Patrich. Jika dalam Piala Menpora 2021 dia tampil cukup bagus, ada kemungkinan mantan pemain Persebaya Surabaya itu untuk dipertahankan. ”Tetap ada opsi perpanjangan kontrak untuk Liga 1,” tambahnya.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts