Sandiaga Beberkan Strategi Bangkitkan Sektor Parekraf – AEOmedia

  • Whatsapp
Sandiaga Uno Ingin Kontribusi Sektor Parekraf ke PDB Capai 12 Persen

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari beraneka macam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Sandiaga Beberkan Strategi Bangkitkan Sektor Parekraf.

– – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah melakukan kolaborasi pentahelix dengan berbagai pihak guna pulihkan pariwisata nasional. Upaya pemulihan itu dilakukan dengan memperkuat visi Indonesia sebagai destinasi wisata berkualitas yang mengedepankan keberlanjutan lingkungan dan kebudayaan.

Read More

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat mengisi webinar interaktif mengenai kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19 yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia, 17 April 2021 lalu.

Baca :  Sandi Uno: Teknologi Kecerdasan Lokasi Bisa Dorong Ekonomi Kreatif - AEOmedia

Sandiaga dalam paparannya menegaskan bahwa Kemenparekraf menerapkan kebijakan dengan tiga fokus utama, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Sementara, tiga komponen yang sedang gencar dilaksanakan oleh Kemenparekraf adalah desa wisata, vaksinasi, dan Travel Corridor Arrangement.

“Kemenparekraf telah berkolaborasi dengan beberapa komunitas dan universitas untuk melakukan program pendampingan di desa wisata,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis kepada , Rabu (21/4).

“Selain program vaksinasi yang sedang ditekan untuk semua kalangan, termasuk lansia, pada 17 April 2021 ini vaksin di sektor ekonomi kreatif juga telah dimulai,” tambahnya.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan, upaya travel corridor arrangement sedang berlangsung di tiga wilayah, yaitu Batam dan Bintan untuk Singapura. Lalu Bali untuk Tiongkok, Korea Selatan, Dubai, Qatar, India, dan Belanda.

Baca :  Mudik Dilarang Buka Peluang Bisnis, Sandiaga Uno Beberkan 3 Strategi - AEOmedia

Di tingkat anggaran, Sandiaga menyebut bahwa Kemenparekraf telah melaksanakan relokasi untuk perlindungan sosial di sektor pariwisata. Perlindungan tersebut diberikan dalam bentuk bantuan tunai dan dana hibah kepada pihak-pihak yang terdampak, mulai dari UMKM, tour guide, hingga homestay.

“Anggaran di pos promosi mancanegara, misalnya, dialokasikan untuk program padat karya yang berpotensi membuka lapangan pekerjaan di Indonesia,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga menekankan beberapa narasi yang perlu dipegang teguh untuk dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. “Pertama, hope and optimism. Kedua, mindset ‘help is on the way’ yang harus ditanamkan, yaitu dengan cara mendukung vaksin, mendorong protokol kesehatan, dan meningkatkan tracing dan testing. Ketiga, menyadari dan memanfaatkan peluang yang besar dari destinasi-destinasi di Indonesia dari digitalisasi dan adaptasi teknologi,” ujar Sandiaga.

Baca :  Kondisi Pariwisata Bali Mulai Bangkit di Masa Pandemi Covid-19 - AEOmedia

Pada akhirnya, menurut Sandiaga, masyarakat harus bersikap tegas dan lugas bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan bagian dari solusi mengatasi pandemi.

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan perihal anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Sandiaga Beberkan Strategi Bangkitkan Sektor Parekraf Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan mudahnya mendapatkan informasi dari dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts