Sejarah berdirinya Liga Arab, organisasi regional yang rayakan hari jadi ke-76 tahun – AEOmedia

  • Whatsapp
arrow daftar

AEOmedia.com | Internasional: Sejarah berdirinya Liga Arab, organisasi regional yang rayakan hari jadi ke-76 tahun, pada kesempatan kali ini AEOmedia.com akan membahas topik lain yaitu tentang Sejarah berdirinya Liga Arab, organisasi regional yang rayakan hari jadi ke-76 tahun, Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Sejarah berdirinya Liga Arab, organisasi regional yang rayakan hari jadi ke-76 tahun.

ILUSTRASI. Para menteri luar negeri Liga Arab ambil bagian dalam pertemuan darurat di markas Liga di Kairo pada 9 Maret 2015.

Read More

Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

AEOmedia.com – JAKARTA. Organisasi regional Liga Arab, sesuai namanya, menjadi rumah bagi negara-negara dengan kultur Arab yang ada di Timur Tengah dan Afrika Utara. Tepat pada tanggal 22 Maret 76 tahun yang lalu, organisasi besar ini berdiri.

Baca :  Foto-Foto ini Gambarkan Kengerian Warga Jalur Gaza Bertahan Hadapi Serangan Israel - AEOmedia

Liga Arab atau Arab League atau dalam bahasa Arab disebut Jāmiʿa ad-Duwal al-ʿArabiyya, resmi dibentuk pada 22 Maret 1945 oleh enam negara pendiri, yaitu Mesir, Iraq, Transjordan (Yordania), Lebanon, Arab Saudi, dan Suriah. Yaman kemudian bergabung sebagai anggota awal pada 5 Mei 1945.

Berpuluh-puluh tahun berikutnya, jumlah anggota bertambah hingga kini berjumlah 22 negara. Masing-masing negara memiliki satu suara di Dewan Liga saat menyusun sebuah kebijakan bersama.

Negara anggota Liga Arab

Sebagai organisasi yang terbentuk dari dorongan paham Pan-Arabisme, atau penyatuan bangsa-bangsa Arab, anggota Liga Arab tentunya adalah negara-negara yang didominasi bangsa Arab.

Hingga saat ini Liga Arab telah memiliki 22 anggota, antara lain:

Aljazair Maroko
Bahrain Oman
Komoro Palestina
Djibouti Qatar
Mesir Arab Saudi
Irak Somalia
Yordania Sudan
Kuwait Suriah
Lebanon Uni Emirat Arab
Libya Yaman
Mauritania Tunisia
Baca :  Foto-Foto ini Berusaha Menggambarkan Makna 'Rumah' di Zaman Serba Digital - AEOmedia

Baca Juga: PBB akui menyesal karena telah gagal menghapus penderitaan di Suriah

Pada tahun 2011, Liga Arab sepakat untuk menangguhkan keanggotaan Suriah jika pemerintahnya masih terus menggunakan kekerasan dalam meredam berbagai pemberontakan yang terjadi. Dikutip dari The Guardian, pada tahun 2013, Liga Arab memberikan kursi Suriah kepada Koalisi Nasional Suriah.

Saat ini pemimpin dari Sekretariat Liga Arab adalah Ahmed Aboul Gheit dari Mesir.

Latar belakang dibentuknya Liga Arab

Dengan kesamaan nasib dan budaya, tujuan dibentuknya Liga Arab 76 tahun lalu adalah untuk memperkuat dan mengkoordinasikan program politik, budaya, ekonomi, dan sosial para anggotanya.

Lebih pentingnya lagi, organisasi regional ini diharapkan bisa menjadi penengah untuk perselisihan yang mungkin terjadi antara negara anggotanya, atau bahkan jika ada pihak ketiga yang terlibat.

Baca :  Foto-Foto ini Gambarkan Kengerian Warga Jalur Gaza Bertahan Hadapi Serangan Israel - AEOmedia

Baca Juga: Amerika dominasi penjualan senjata global, Arab Saudi sebagai pelanggan utama




Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan mengenai anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Sejarah berdirinya Liga Arab, organisasi regional yang rayakan hari jadi ke-76 tahun Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts