Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Mulai Penuh 100 Persen – AEOmedia

  • Whatsapp
Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Mulai Penuh 100 Persen

AEOmedia.com: Kami merangkum informasi ini dari berbagai sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami dengan judul Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Mulai Penuh 100 Persen.

– Kasus Covid-19 di Indonesia makin mengkhawatirkan dengan munculnya varian Delta dari India. Situasi itu ditandai dengan menumpuknya pasien Covid-19 di rumah sakit. Data Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menyebutkan angka ketersediaan tempat tidur atau BOR di rumah sakit di lima provinsi sudah mencapai 100 persen.

Read More

Ahli Spesialis Penyakit Dalam yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban mengatakan saat ini situasinya sudah darurat. Positivity Rate PCR pun sudah 40 persen.

Baca :  Pemerintah tutup masjid selama PPKM, UAS ngamuk: Tak malu kau sama Allah? - AEOmedia

“Maka tak bisa kebijakan standar. Harus lebih ketat. Indonesia sekarang sudah 40 persen positivity rate-nya. Itu berarti risiko kita tertular amat sangat tinggi. Data per hari begitu banyak RS penuh, ICU penuh, maka perlu kebijakan ketat,” kata Prof Zubairi kepada , Selasa (22/6).

Baca Juga: Pasien Covid-19 Susah Cari RS, Jokowi Diingatkan Situasi Sudah Gawat

Maka, kata dia, perlu ada polisi hingga instansi aparat untuk melakukan penegakan hukum, melakukan tanpa pandang bulu dengan keras. Menurutnya PPKM mikro saat ini harus dipertebal.

“Kita nilai dulu hasilnya gimana. Kalau terbukti hari ke hari enggak berpengaruh maka perlu dilakukan istilahnya lockdown. Lockdown kan hanya 14 hari, maka setelah itu ekonomi pasti bisa berjalan,” katanya.

Data yang terlihat per 19 Juni 2021, sedikitnya lima provinsi terpadat sudah melaporkan angka BOR sebanyak 100 persen. Di antaranya pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Dan dari beberapa pulau itu, BOR 100 persen sudah ada di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan Jogjakarta.

Baca :  Usai Klaim Yoghurt Efektif Lawan Covid-19, Bos Perusahaan Susu Mundur - AEOmedia

“Kami di RS sekarang sedang berusaha mengurai tumpukan-tumpukan pasien,” kata Sekjen PERSI dr. Lia G Partakusuma kepada wartawan.

“Ini sudah situasi kurang baik ya. Harus betul-betul diwanti-wanti lah. Jangan sampai orang dirawat di RS,” tambahnya.

Menurut dr. Lia, terlihat sekali kurva pada periode Mei-Juni 2021 kasus Covid-19 begitu pesat. Itu membuktikan bahwa virus varian Delta saat ini cepat sekali menular.

“Mei sampai Juni kenaikan pesat sekali. Indikasikan virus sekarang ini cepat menular,” ujarnya.

Sebagai contoh data RS di Indonesia dengan BOR mencapai lebih dari 100 persen yaitu terjadi di Bandung. Per 19 Juni, sejumlah RS di Bandung sudah kolaps.

1. BOR RS Umum Santo Borromeus 102,86 persen

Baca :  Tangsel satu-satunya zona merah corona di Pulau Jawa per awal April, ini penyebabnya - AEOmedia

2. RS Umum Santo Yusup 100 persen

3. RS umum kebon jati 100 persen

4. RS Ibu dan Anak Limijati 100 persen

6. RS Umum Al Islam Bandung 95,12 persen

7. RS Umum Hermina Arcamanik 94,87 persen

Kesimpulan
Dari sedikit informasi di atas semoga memberikan tambahan pengetahuan anda dari apa yang sajikan saat ini. Semoga artikel yang membahas Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 di 5 Provinsi Mulai Penuh 100 Persen Ini menjadikan anda semakin tertarik dengan sangat mudah dapat info detail dari internet.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts