Logo halal, mau tahu lebih jauh? Baca disini untuk tahu lebih lengkap – AEOmedia

  • Whatsapp
Halal. Foto: Ist

AEOmedia.com | Berita Terkini : Logo halal, mau tahu lebih jauh? Baca disini untuk tahu lebih lengkap, pada kesempatan kali ini AEOmedia akan membahas topik lain yaitu tentang Logo halal, mau tahu lebih jauh? Baca disini untuk tahu lebih lengkap, Kami merangkum informasi ini dari Beragam sumber untuk kami sajikan ke pengunjung setia kami.

Isu halal yang sedang banyak dibicarakan akhir-akhir ini perlahan menggiring para pelaku usaha untuk melakukan sertifikasi halal terhadap produknya. Oleh karena itu keberadaan logo halal sangat penting dalam memilih produk makanan atau kosmetika. Lebih dari itu, hal ini juga dikuatkan dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) yang disahkan pada 27 Oktober 2019 lalu.

Hal ini membuat sertifikasi halal menjadi instrumen penting dalam suksesnya industri global, khususnya dunia halal. Dengan memiliki sertifikat halal, produk akan memiliki banyak keunggulan kompetitif.

Halal . Foto: Ist

Saat ini, sertifikat halal adalah jaminan bahwa produk tertentu telah diselidiki secara menyeluruh dan dinyatakan sesuai dengan hukum syariah Islam. Karenanya, terpampangnya logo dan sertifikat halal secara legal mampu meyakinkan muslim untuk mengonsumsi produk tersebut.

Di Indonesia, misalnya, hanya ada satu logo halal yang diakui, yakni logo Halal MUI. Logo ini sudah dikenal di seluruh dunia dan diakui oleh berbagai badan setifikasi halal.

Produk yang mencantumkan label halal menjadi pilihan utama muslim secara nasional dan global. Di kancah global, sampai hari ini terdapat 45 lembaga sertifikasi halal yang diakui oleh LPPOM MUI dari 26 negara. Semuanya terdiri dari 37 lembaga untuk kategori slaughtering, 40 lembaga untuk kategori raw material, dan 22 lembaga untuk kategori flavor.

Sertifikasi halal oleh MUI memainkan peran penting karena didefinisikan sebagai pemeriksaan proses produk tertentu dan memenuhi persyaratan higienis, sanitasi, dan keselamatan. Produk yang disertifikasi halal oleh dewan dapat menggunakan logo halal merek dagang terdaftar.

Oleh karena itu, Hughes dan Malik (2017) dalam Masterplan Ekonomi Syariah Republik Indonesia 2019-2024 mempertimbangkan sertifikasi halal sebagai kunci yang memungkinkan pengembangan industri halal global yang sukses.

Keunggulan kompetitif diperoleh oleh perusahaan dengan sertifikasi halal, terutama jika mereka ingin menembus komunitas muslim di banyak negara.

Sementara itu, beberapa pendapat lain yang juga dikutip dari Masterplan Ekonomi Syariah Republik Indonesia 2019-2024, mengatakan bahwa sertifikasi halal akan menjadi faktor yang berkontribusi dalam keputusan pembelian konsumen.

Sedangkan kegagalan mendapatkan sertifikasi halal akan menjadi kerugian yang relatif besar bagi pengusaha.

Dengan bermodalkan sertifikat halal, kini sejumlah perusahaan multinasional melihat peluang yang jelas dalam mengembangkan produk yang ramah muslim. Industri besar masih mendominasi pasar makanan dan minuman halal karena seluruh produk yang dijual baik untuk pasar dalam maupun luar negeri sudah tersertifikasi halal.

Kemudian skala produksi yang besar dan pangsa pasar yang luas hingga masuk ke dalam pasar internasional membuat perusahaan besar makanan dan minuman kemasan menjadi pemain utama dalam sektor makanan dan minuman halal.

Artikel di kutip dari berbagai sumber dan kami rangkum kembali dengan bahasa yang sebaik mungkin. dan jangan lupa share postingan ini ke sosial media kalian.
Repost for: AEOmedia.com

Related posts