Ini Dia Aplikasi Samsung Terbaru yang Berfungsi Cegah Gadget Kepanasan

0
20

AEOMedia.com, Jakarta – Samsung, brand ponsel terkemuka dari Korea sangat familiar di telinga masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Samsung menjadi rujukan oleh masyarakat sebagai brand elektronik, yang canggih dan tahan lama. Di Korea Selatan, Samsung menjadi perusahaan chaebol (konglomerat) terbesar.

Samsung merilis pembaruan untuk aplikasi Galaxy Labs dengan menghadirkan pengaturan CPU throttling yang bernama Thermal Guardian. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengubah setelan thermal throttling supaya perangkat tidak kepanasan.

Thermal throttling adalah fitur yang terdapat di prosesor modern, mulai dari PC desktop hingga smartphone. Fungsinya adalah untuk mencegah kerusakan fisik dengan cara menurunkan kinerja apabila prosesor sudah menyentuh batas suhu tertentu.

Baca :  Samsung Galaxy Bloom, Smartphone Lipat Teranyar

Nah, batasan suhu inilah yang bisa diatur pengguna ponsel Samsung lewat Galaxy Labs. Besarnya adalah diturunkan sebesar 2 derajat celsius, atau dinaikkan sebesar 2 derajat celsius.

Apabila diturunkan, maka prosesor di ponsel akan lebih cepat melakukan throttling sehingga tidak kepanasan, dengan konsekuensi penurunan kinerja juga lebih cepat terjadi.

Jika dinaikkan, maka kinerja ponsel akan lebih lama berada di tingkat maksimal, tapi konsekuensinya suhu juga meningkat dan perangkat lebih lama mengalami panas.

Pengaturan thermal throttling biasanya dilakukan secara otomatis, sementara Galaxy Apps meyerahkan kendali ini ke tangan pengguna.

Galaxy Labs juga memiliki beberapa fitur lain, seperti Battery Guardian, Battery Tracker, Galaxy App Booster, dan Memory Guardian.

Baca :  Segmen Premium: Pertahanan Terakhir Samsung di Indonesia - AEOmedia

Fitur Battery Tracker berguna untuk memonitor aplikasi apa saja yang paling sering memboroskan baterai. Tak cuma itu, fitur ini juga mampu memprediksi dengan akurat kapan baterai ponsel akan habis.

Sementara , fitur Battery Guardian menyediakan aneka setting untuk mempermudah pengguna dalam mengatur konsumsi daya perangkat. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (26/2/2021), Galaxy App Booster adalah fitur yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja aplikasi pada ponsel. Fitur ini diklam mampu meningkatkan kinerja aplikasi hingga 15 persen.

Adapun Memory Guardian merupakan fitur di mana pengguna bisa membersihkan RAM, berikut media penyimpanan internal dari aneka junk file yang tak terpakai.

Galaxy Apps sendiri sebenarnya sudah beredar sejak 2016, tapi ketersediaannya terbatas hanya untuk wilayah tertentu saja. Aplikasi ini bisa diperoleh di toko Galaxy Store lewat tautan berikut. Versi APK bisa diperoleh di situs SamMobile.

Baca :  Bocoran Spesifikasi 3 Tipe Samsung Galaxy S20

Menurut youtuber Gadgetin yang menjabarkan tentang 10 alasan kenapa Samsung adalah brand terbaik, beberapa di antaranya adalah : One UI (tampilan antar muka enak, jelas, dan simpel), memiliki aplikasi layanan ekstra, dan lain sebagainya yang tidak dimiliki ponsel lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here