Bakal Cair Lagi Bantuan BLT untuk UMKM RP2,4 Juta

0
10

AEOMedia.com, Jakarta – Kembali Kemenkop-UKM akan menyelamatkan UMKM dengan mencairkan dana bantuan BLT UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19. UMKM di Indonesia sendiri merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia, sudah selayaknya didorong untuk melakukan pemulihan ekonomi.

BLT UMKM menjadi salah satu stimulus pembangkitan UMKM. Hal tersebut sedang disiapkan Kemenkop-UKM di tahun 2021 untuk membangkitkan UMKM di tengah pandemi Covid-19 agar berdampak pada perekonomian Indonesia.

BLT UMKM telah tersalurkan 100% dengan total nilai Rp28,8 triliun. Bantuan ini diberikan sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha mikro, dan targetnya sebanyak 12 juta penerima.

Selain BLT UMKM, stimulus lainnya antara lain berupa subsidi bunga KUR dan Non-KUR, KUR Super Mikro, modal kerja koperasi melalui LPDB.

Baca :  Bank Mandiri Biayai Program Pembiayaan Mitra Pertashop Pertamina - AEOmedia

“Untuk meningkatkan pembiayaan formal, Kemenkop-UKM bersama Bank Indonesia, perbankan, dan seluruh lembaga pembiayaan akan terus meningkatkan literasi keuangan UMKM, mengupayakan pembiayaan yang efektif meningkatkan skala UMKM sesuai amanat UU Cipta Kerja,“ ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Berdasarkan data Kemenkop-UKM tahun 2018, populasi UMKM mendominasi hingga 99% unit usaha, menyerap 97% tenaga kerja, dan berkontribusi 61,1% terhadap produk domesti bruto (PDB).

Dengan adanya uluran tangan dari pihak pemerintah khususnya dalam sektor keuangan, secara tidak langsung turut membuat UMKM bangkit dan memiliki daya saing serta mendunia kembali.

“Kami sangat konsen di pemberdayaan karena bagi kami, pembiyaan tanpa pemberdayaan sama saja dengan kami memberikan sesuatu yang tidak maksimal. Begitu juga sebaliknya,” ungkap Himawan Dwi dari SM Micro Business Development yang turut membantu menyalrkan kredit untuk UMKM melalui program pemberdayaan agar pelaku UKM Indonesia dapat bangkit lagi.

Baca :  bjb DiSentra: Sarana Tumbuh Kembang UMKM Juara - AEOmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here