27 Perusahaan Besar Akan Jual Saham di Bursa Saham, Siapakah Mereka?

0
19

AEOMedia.com, Jakarta – Saham merupakan salah satu investasi terbaik, yang bisa dilakukan seseorang. Saham juga menjadi bukti kepemilikian suatu perusahaan atas penghasilan dan kekayaan. Perusahaan yang sahamnya bisa dibeli di Bursa Efek Indonesia, disebutnya dengan Perusahaan Tercatat. Saham sendiri juga menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang dalam produk pasar modal, namun bagaimana jika saham tersebut dijual?

Siapkan dana untuk membeli saham perdana. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat tahun ini akan ada banyak penawaran saham perdana melalui IPO.

BEI mendata ada puluhan perusahaan yang berencana melaksanakan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Per 26 Februari 2021, terdapat 27 calon emiten dalam pipeline IPO BEI.

Baca :  Hari ini ISHG tembus 6300, ada 10 Saham yang Menjadi Big Cap

“Saat ini, sebanyak 27 perusahaan tersebut masih dalam proses evaluasi pencatatan saham BEI,” kata Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna kepada wartawan melalui pesan singkat, Jumat (26/2).

Menurut Nyoman, sebanyak 27 calon emiten yang akan jual saham perdana tersebut lebih banyak yang tergolong perusahaan aset skala menengah. Merujuk pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017, perusahaan skala menengah memiliki aset antara Rp 50 miliar sampai dengan Rp 250 miliar.

Kemudian, sebanyak sepuluh perusahaan merupakan skala besar karena memiliki aset di atas Rp 250 miliar. Selanjutnya, sisa enam perusahaan tergolong perusahaan skala kecil dengan kepemilikan aset di bawah Rp 50 miliar.

Sementara itu, dari segi bidang usahanya, consumer cyclicals menjadi sektor dengan jumlah calon emiten terbanyak, yakni tujuh perusahaan. Disusul oleh sektor basic materials dan technology yang masing-masing terdiri dari empat perusahaan.

Baca :  Ini Dia 10 Saham Paling Banyak Dikoleksi Asing Minggu Ini

Kemudian, masing-masing tiga perusahaan tergolong ke dalam sektor consumer non-cyclicals, energy, dan properties & real estate. Lalu, sektor industrials dihuni dua perusahaan dan satu perusahaan.

Adapun keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan yang bermain saham, adalah mendapatkan capital gain, dan mendapatkan deviden. Capital Gain merupakan keuntungan dari kenaikan harga, Dividen pembagian keuntungan perusahaan. Sementara untuk kerugian bisa dari penurunan harga, dan risiko likuidasi apabila perusahaan bangkrut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here