14 Cara Menghilangkan Kelunturan pada baju, Tips Ampuh!

Meylan .DA

Menghilangkan Kelunturan pada baju

Cara menghilangkan kelunturan pada baju, Hei apa kabar? Pernah nggak sih kamu ngalamin yang namanya baju kesayangan tiba-tiba jadi korban kelunturan? Ah, rasanya itu tuh kayak es krim favorit jatuh ke lantai. Kecewa banget! Tapi, tarik nafas dulu, jangan stres. Di sini aku mau kasih tau caranya ‘menyelamatkan’ baju kesayanganmu dari teror kelunturan. Tenang aja, kita bakal lewati ini dengan langkah yang gampang dan hasil yang oke punya!

5 Cara Menghilangkan Kelunturan pada baju

Oke, pertama-tama, misi penyelamatan baju dimulai dengan memisahkan si baju yang kena kelunturan dari yang lain. Ini penting banget, karena kamu nggak mau kan, ‘penyakit’ kelunturan itu menular ke baju yang lain? Pastinya nggak dong!

1. Gunakan Air dingin

Nah, setelah ‘baju yang kena luntur’ terisolasi, langsung aja cemplungin baju tersebut ke dalam air dingin. Kenapa air dingin? Soalnya air hangat atau panas bisa bikin warna yang luntur itu makin menetap, dan itu bukan yang kita mau. Rendam sekitar 20-30 menit biar noda kelunturan itu mulai ‘menyerah’.

2. Sabun dan Teknik Mengucek yang Tepat

Setelah direndam, ambil sabun cuci yang biasa kamu pakai. Tapi, ingat ya, pakai yang lembut dan tidak mengandung pemutih. Gently, ya, gently, gosok bagian yang luntur. Usahakan jangan terlalu keras, biar baju kesayanganmu nggak rusak.

3. Cuka atau Lemon, Si Penyelamat Warna

Ini dia, bahan rahasia yang bisa jadi penyelamat: cuka atau lemon. Keduanya punya sifat asam yang bisa bantu neutralisir noda kelunturan. Caranya? Cukup tuang cuka putih atau perasan lemon ke dalam air, terus masukkan baju kamu dan biarkan sekitar 15 menit. Ini seperti memberi ‘vaksin’ pada baju kamu biar warnanya balik lagi ke semula.

4. Bilas dan Ulangi

Setelah ‘berenang’ bersama cuka atau lemon, bilas baju kamu dengan air dingin. Ini kayak menyelesaikan ritual. Jika perlu, ulangi prosesnya sampai kamu melihat perubahan. Tapi, jangan overdo ya, sabar itu kunci.

5. Pengeringan

Kalau kamu rasa noda kelunturan sudah pudar, saatnya keringkan baju dengan hati-hati. Jauhkan dari sinar matahari langsung karena bisa bikin baju kamu ‘sakit’ lagi. Lebih baik angin-anginkan aja atau pakai dryer dengan settingan yang paling rendah.

Baca juga Gaya Kece Saat Ke Mall: Tips Outfit yang Oke Punya!

Tips Extra Menghilangkan Kelunturan pada baju

tips menghilangkan kelunturan pada baju

Sudah ikutin langkah-langkah di atas tapi masih haus akan tips tambahan? Tenang, aku punya beberapa trik lagi up my sleeve untuk mengatasi si kelunturan yang bandel. Check these out!

1. Deterjen Khusus Warna

Investasi sedikit lebih untuk deterjen yang dirancang khusus untuk pakaian berwarna. Produk ini biasanya memiliki formula yang mencegah warna berpindah, sehingga pakaianmu lebih terlindungi dari ancaman kelunturan.

2. Serbuk Bayi untuk Penyerap Noda

Tau nggak sih, serbuk bayi bisa jadi penolong dalam mengatasi kelunturan? Taburkan serbuk bayi pada area yang terkena kelunturan dan biarkan ia menyerap noda. Setelah beberapa waktu, bersihkan serbuknya dan cuci seperti biasa.

3. Peran Penting Alkohol

Alkohol bisa digunakan untuk menghilangkan noda tertentu, termasuk kelunturan. Tapi ingat, ini untuk pakaian yang berbahan kuat, ya. Tes dulu pada bagian yang tidak terlihat dan jika aman, tepuk-tepuk noda kelunturan dengan kain yang dibasahi alkohol.

4. Teknik ‘Sandwich’ Saat Mencuci

Cara ini agak unik: Saat mencuci baju yang berpotensi luntur, letakkan di antara pakaian yang tidak berwarna atau handuk tua. Ini bakal berfungsi seperti ‘sandwich’ yang mengisolasi baju sehingga warnanya tidak berpindah ke pakaian lain.

5. Penggunaan Penghilang Noda Komersial

Jangan takut untuk mencoba penghilang noda yang tersedia di pasaran. Produk-produk ini dirancang untuk menangani masalah kelunturan. Ingat, ikuti instruksi penggunaannya dengan hati-hati.

6. Aspirin

Yup, aspirin! Larutkan beberapa tablet aspirin dalam air dan rendam baju yang luntur di dalamnya. Aspirin dapat membantu mengangkat noda kelunturan.

7. Pencucian Dingin dan Cepat

Kadang, yang kamu butuhkan hanya pencucian cepat dengan air dingin. Segera setelah kelunturan terjadi, cuci dengan air dingin untuk mencegah noda mengering dan menetap.

8. Penggunaan Baking Soda

Baking soda bukan hanya untuk membuat kue! Campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta kental dan oleskan pada area kelunturan. Ini bisa membantu mengangkat noda dari serat kain.

9. Konsultasi dengan Profesional

Jika baju yang luntur itu super mahal atau berharga, mungkin akan lebih bijak untuk membawanya ke profesional. Dry cleaners tahu persis apa yang harus dilakukan, dan mereka punya tools serta solusi yang mungkin tidak kita miliki di rumah.

Tips Jitu menghindari kelunturan Baju

Garam

Saat mencuci baju baru untuk pertama kali, tambahkan sedikit garam ke dalam air cucian. Garam bisa bertindak sebagai fixatif yang membantu set warna sehingga tidak mudah luntur.

Pencucian Terpisah

Selalu cuci baju baru secara terpisah untuk beberapa kali pertama. Warna yang berpotensi luntur akan terisolasi dan tidak merusak pakaian lain.

Gunakan Pembersih Khusus

Pasaran sudah menyediakan berbagai pembersih khusus untuk mengatasi masalah kelunturan. Jika kelunturan menjadi masalah yang sering terjadi, mungkin saatnya untuk investasi pada produk tersebut.

Tes Pra-Cuci

Lakukan tes pra-cuci pada sudut yang tidak terlihat dari baju untuk memastikan bahwa metode yang kamu gunakan aman dan tidak akan merusak kain.

Pencegahan itu lebih baik daripada mengobati, setuju nggak? Maka dari itu, untuk menghindari drama kelunturan di masa depan, selalu pisahkan baju berwarna dan putih saat mencuci, dan cuci dengan air dingin. Simple tapi efektif!

Nah, gimana? Mudah kan? Jangan biarkan kelunturan menguasai mood dan baju kamu. Semoga tips-tips tadi bisa membuat hari-harimu lebih cerah, sama seperti baju-baju yang berhasil ‘diselamatkan’. Tetap santai dan selamat mencoba, ya!

Artikel Terkait

Leave a Comment