Balita Susah Bobo di Malam Hari? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya!

Jeje .NR

Hey, para mama & papa! Siapa nih yang punya balita yang sering melek di tengah malam? Atau mungkin malah susah tidur? Wah, pasti pusing tujuh keliling ya? Tenang, kamu enggak sendirian kok. Banyak loh yang punya pengalaman serupa. Nah, sebelum kita semua bete karena kurang tidur, yuk kita cari tahu dulu, kenapa sih balita bisa susah tidur di waktu malam?

5 Penyebab Balita Susah Tidur di malam hari

1. Lingkungan Tidur yang Enggak Nyaman

Pertama-tama, kita mulai dari yang paling dasar. Tempat tidur. Pastikan dulu kalau tempat tidurnya udah nyaman. Kasur yang terlalu keras atau malah terlalu empuk bisa jadi biang keroknya.

Gimana Suhunya?
Ada AC di kamar? Atau mungkin kipas angin? Pastikan suhu kamarnya enggak terlalu dingin atau panas. Balita bisa jadi lebih sensitif loh dengan suhu.

Lampu Kamarnya Gimana?
Ada balita yang takut gelap, tapi ada juga yang susah tidur kalau kamarnya terlalu terang. Coba deh atur pencahayaan kamar tidurnya.

2. Rutinitas Sebelum Tidur yang Acak-acakan

Siapa yang sering gonta-ganti jadwal tidur si kecil? Eits, jangan salahkan dia kalau jadi susah tidur. Balita itu perlu rutinitas yang konsisten sebelum tidur, lho.

Waktunya Dongeng!
Coba deh baca dongeng atau nyanyiin lagu sebelum tidur. Ini bisa jadi sinyal buat mereka kalau udah saatnya bobo.

Contoh dongeng yang mom bisa ceritakan :

Dongeng Si Kelinci Pintar dan Kura-kura Penyabar

Di sebuah hutan yang hijau, hiduplah seorang kelinci yang sangat cepat dan kura-kura yang selalu tenang menjalani hidup. Suatu hari, mereka memutuskan untuk berlomba. Semua hewan di hutan datang untuk menonton. Kelinci, dengan sombongnya, tertidur di tengah perlombaan sambil berpikir dia bisa mengejar ketinggalan nanti. Namun, kura-kura dengan langkahnya yang pelan tapi pasti, berhasil mencapai garis akhir dan memenangkan perlombaan. Moral ceritanya, kesabaran dan ketekunan akan mengalahkan kesombongan.

Dongeng Si Kucing Lucu dan Tikus Cilik

Ada sebuah rumah yang ditempati oleh kucing lucu bernama Momo dan tikus cilik bernama Tito. Meskipun kucing biasanya mengejar tikus, Momo dan Tito adalah sahabat yang baik. Mereka selalu bermain bersama dan saling membantu. Suatu hari, Momo terjebak di dalam kotak, dan Tito membantunya keluar. Sejak saat itu, mereka menjadi sahabat yang tak terpisahkan. Moral ceritanya, persahabatan bisa datang dari yang paling tak terduga.

Dongeng Bintang Jatuh dan Permintaan Khusus

Malam itu, langit dipenuhi dengan bintang yang bersinar terang. Lala, anak kecil yang suka bermimpi, melihat sebuah bintang jatuh. Dia lalu berharap memiliki teman bermain. Keesokan harinya, dia bertemu dengan seorang anak bernama Bima di taman. Mereka berdua menjadi sahabat dan selalu bermain bersama setiap hari. Moral ceritanya, mimpi dan harapan bisa menjadi kenyataan dengan sedikit keajaiban.

Dongeng Sang Naga dan Putri Kecil

Di sebuah kerajaan yang jauh, hiduplah putri kecil bernama Sari. Suatu hari, dia diculik oleh naga jahat. Namun, naga tersebut ternyata hanya kesepian dan ingin memiliki teman. Putri Sari, dengan hatinya yang baik, menjadi teman sang naga dan mengajarkannya untuk berbuat baik. Akhirnya, sang naga mengembalikan Putri Sari ke kerajaannya dan mereka menjadi sahabat. Moral ceritanya, kebaikan bisa mengubah hati siapapun.

Dongeng Si Burung Berkicau dan Pohon Ajaib

Di tengah hutan, hiduplah burung kecil yang suka berkicau bernama Kiki. Dia selalu merasa kesepian karena tidak memiliki teman. Suatu hari, dia menemukan pohon ajaib yang bisa mengabulkan satu permintaan. Kiki meminta agar dia memiliki banyak teman. Keesokan harinya, banyak burung datang dan berteman dengan Kiki. Moral ceritanya, kadang apa yang kita cari sudah ada di dekat kita, kita hanya perlu menghargainya.

Mandi Malam, Boleh Enggak?
Buat beberapa balita, mandi malam bisa bikin mereka relax dan siap tidur. Tapi, ada juga yang malah jadi semangat 45. Jadi, kenali karakter balitamu ya.

Baca juga Menyelami Dunia Anak Anda: Cara Terapi Perilaku yang Menyentuh Hati

3. Makanan & Minuman Jelang Tidur

Nah, ini juga penting nih. Apa yang dimakan dan diminum balita sebelum tidur bisa banget memengaruhi kualitas tidurnya.

Hindari Kafein
Kafein enggak hanya ada di kopi, tapi juga di beberapa minuman bersoda dan cokelat. Jadi, pastikan si kecil enggak ngemil cokelat sebelum tidur ya.

Perhatikan Asupan Susu
Sebenarnya, minum susu sebelum tidur bisa bikin balita lebih mudah tidur. Tapi, pastikan jangan berlebihan, soalnya bisa bikin mereka bangun tengah malam buat pipis.

4. Aktivitas Fisik yang Kurang

Enggak cuma orang dewasa, balita juga perlu olahraga lho. Kalau aktivitas fisiknya kurang, energinya jadi enggak terbuang dan bisa bikin susah tidur.

Main di Taman
Ajak si kecil main di taman atau bermain bersama teman-temannya. Biar energinya terbuang dan malamnya bisa tidur pulas.

5. Faktor Medis atau Kesehatan

Kalau udah coba macem-macem tapi si kecil masih aja susah tidur, bisa jadi ada masalah medis atau kesehatan yang mengganggu. Misalnya gigi yang mulai tumbuh, sakit telinga, atau masalah lainnya. Jangan ragu buat konsul ke dokter ya.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa balita bisa susah tidur di malam hari. Ingat, tiap balita itu unik. Jadi, yang paling penting adalah kenali karakter dan kebiasaan si kecil. Semoga malam-malam kita semua bisa lebih tenang dan si kecil bisa tidur dengan nyenyak. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Tags

Leave a Comment